Perkiraan Harga Toyota GR Yaris di Indonesia, Kuotanya Terbatas Lho

Berita Otomotif

Perkiraan Harga Toyota GR Yaris di Indonesia, Kuotanya Terbatas Lho

JAKARTA – Pertanda kedatangan Toyota GR Yaris sudah amat kuat dari dokumen pemerintah, dealer resmi, maupun youtuber. Namun, Toyota tetap belum mau mengonfirmasi secara gamblang dan hanya mengatakan ‘masih studi’.

Mobil reli Toyota di ajang WRC yang akhirnya dijual untuk masyarakat umum tersebut sudah terlihat di salinan digital Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Berdasarkan keterangan dalam dokumen yang bisa diunduh secara bebas tersebut, hanya satu tipe GR Yaris yang disiapkan untuk pasar Indonesia yaitu 1.6 T MT.

Banderol Nilai Jual Kendaraan Bermotornya Rp 453 juta. Adapun Harga Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotornya adalah Rp 475.650.000.

Toyota GR Yaris
Seorang tenaga penjual dealer resmi Toyota di Jakarta yang dihubungi Mobil123.com juga menerangkan bahwa GR Yaris memang akan meluncur di Tanah Air. Pemesanan bisa dilakukan mulai Maret 2021, sementara unit diperkirakan datang akhir tahun yaitu di sekitar November 2021.

Jumlah unit terbatas, hanya 125 dealer untuk pasar Nusantara. Harga on-the-road Jakartanya sudah menjadi dua kali lipat dari harga di dokumen Permendagri yang memang belum termasuk pajak.

“Harganya nanti sekitar Rp 800 jutaan, pak. Dari Rp 800 jutaan hingga Rp 850 jutaan, lah. Tapi yang jelas masih agak jauh dari Rp 1 miliar,” ucap dia kepada Mobil123.com yang berpura-pura menjadi konsumen pada Senin (15/2/2021) sore.

Indikasi kedatangan GR Yaris pun diperkuat oleh para youtuber otomotif. Dua nama yaitu Fitra Eri dan MotoMobi pada Senin kemarin juga mengunggah video yang memperlihatkan mereka sedang memproses Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk hatchback satu ini.


Eksekutif Toyota Indonesia belum mau mengonfirmasi rencana peluncuran GR Yaris, meski sudah dipaparkan berbagai informasi di atas. Ia tetap menjawab secara diplomatis.

“Iya memang kami sedang studi introduksi model GR Yaris ini,” tulis Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Selasa (16/2/2021).

GR Yaris hanya diproduksi 25 ribu unit untuk seluruh dunia. Penjualannya di Jepang terjadi sejak September 2020.

Ada dua pilihan mesin bensin yang Toyota sediakan bagi Yaris GR yakni 1.5-liter 118 hp 145 Nm atau 1.6-liter turbo 270 hp 370 Nm. Untuk transmisi, ada Direct Shift CVT atau 6-percepatan iMT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar