Prediksi Mobil Baru yang Akan Meluncur di Indonesia 2022

Berita Otomotif

Prediksi Mobil Baru yang Akan Meluncur di Indonesia 2022

JAKARTA – Pasar otomotif Indonesia pada 2021 mulai mengeliat, hal ini diitandai dengan lebih dari 50 mobil baru yang meluncur. Mulai yang berstatus facelift, all new, bahkan ada pula edisi spesial.

Seiring makin ramainya mobil baru tahun lalu, ditambah lagi program diskon PPnBM yang digulirkan oleh pemerintah sejak Maret hinggga Desember, membuat penjualan kendaraan di Tanah Air tumbuh.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara ritel (dari diler ke konsumen) periode Januari-Desember 2021 mencapai 863.359 unit. Angka tersebut tersebut meningkat tajam ketimbang periode yang sama tahun lalu sebesar 578.762 unit.

Memasuki 2022 Gaikindo menargetkan penjualan mobil nasional mencapai 900 ribu unit.

Untuk mencapai angka tersebut, tentu dibutuhkan kerja sama dari para produsen mobil di Tanah Air dalam memasarkan produknya, termasuk di antaranya mendatangkan mobil-mobil baru di tahun ini demi merangsang daya beli masyarakat.

Toyota Land Cruiser

Tahun ini diperkirakan ada banyak mobil baru yang diluncurkan oleh sejumlah merek kendaraan. Mulai dari Wuling, Hyundai, BMW, hingga MINI yang diprediksi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Sementara Toyota, Honda, Suzuki, Ford dan lainnya juga tak ketinggalan. Mereka bakal menghadirkan mobil baru dari berbagai segmen.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar mobil baru dari berbagai merek yang diprediksi akan meluncur tahun ini.

Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota akan meluncurkan dua mobil baru besok, Kamis (13/1/2022). Kedua mobil tersebut adalah All New Land Cruiser dan New Fortuner.

Selain dua model itu, Toyota dikabarkan akan meluncurkan mobil hybrid terbaru mereka di Indonesia. Nama dari mobil tersebut masih disembunyikan, tapi yang pasti kendaraan ramah lingkungan itu diproduksi di dalam negeri.

Honda

Produsen otomotif asal Jepang, Honda sejauh ini memang belum mengkonfirmasi soal produk apa yang akan dirilis tahun ini. Namun, ada dugaan PT Honda Prospect Motor (HPM) APM mobil Honda merilis mobil SUV kompak yang masih dirahasiakan namanya.

Honda HR-V (Paultan)

SUV kompak ini sebelumnya sempat dipamerkan di ajang GIIAS 2021 dalam versi konsep. 

Mobil Honda lain yang diprediksi bakal diluncurkan yaitu HR-V generasi terbaru. Mobil ini sudah dipasarkan di Thailand pada tahun lalu dan kuat dugaan masuk Indonesia tahun ini. Dugaan tersebut diperkuat dengan terdaftarnya model dari Honda itu di laman resmi Samsat DKI Jakarta.

Suzuki

Tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diperkirakan mendatangkan Ertiga Mild Hybrid. Mobil keluarga ini nantinya akan diproduksi secara lokal. 

Selain itu, Suzuki juga diduga kuat akan memperkenalkan SUV mungil yaitu S-Presso. 

Hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) APM mobil Hyundai diperkirakan merilis dua produk baru, baik itu yang menggunakan mesin konvensional maupun listrik murni.

Untuk mobil bermesin konvensioal, dugaan sementara tertuju pada Hyundai Stargazer. Mobil ini pernah kedapatan sedang melakukan uji jalan di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Sementara pada mobil listrik, Hyundai membawa Ioniq 5. Menurut kabar yang beredar, Ioniq 5 akan diproduksi di pabrik Hyundai di kawasan Deltamas Cikarang dan mulai dipasarkan Maret.

Wuling

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dipastikan akan meluncurkan mobil listrik mereka tahun ini bernama Mini EV.

Mobil listrik berukuran kecil tersebut dibangun menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) dan akan diproduksi di dalam negeri. 

Lexus

Lexus Indonesia digosipkan bakal membawa LX 600. Namanya sudah terdaftar di dokumen Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) No.40 Tahun 2021.

BMW dan MINI

BMW Group Indonesia yang menaungi merek mobil BMW dan MINI di Tanah Air pernah mengungkapkan rencana membawa mobil listrik pada 2022. 

Setidaknya ada tiga mobil listrik yang akan dihadirkan, seperti MINI Electric, BMW i4, dan BMW iX. 

Ford

Ford dikabarkan kembali ke pasar otomotif dalam negeri melalui RMA Group Indonesia. Menandai kehadirannya, Perusahaan berencana merilis Ford Ranger Raptor, Ford Ranger Wildtrak, Ford Ranger XLT dan XL serta Ford Everest.

Ford Everest

Jeep 

Distributor resmi mobil merek Jeep di Tanah Air, DAS Indonesia Motor berencana meluncurkan All New Grand Cherokee 2.0, dan Mid SUV 7 seater tahun ini. Rencana tersebut telah diungkapkan oleh mereka sejak awal 2021. 

Peugeot

Tak puas hanya memasarkan dua model mobil saja, Astra Peugeot selaku distributor merek Peugeot di Indonesia akan mendatangkan satu produk baru lagi di kuartal pertama tahun ini.

Sejauh ini nama dari produk barunya masih dirahasiakan, tapi kuat dugaan Astra Peugeot akan menghadirkan Peugeot 2008. 

Volkswagen

PT Garuda Mataram Motor (GMM), selaku APM Volkswagen di Indonesia akan memberikan kejutan bagi penggemar Volkswagen (VW) di Tanah Air. 

GMM berencana meluncurkan sebuah SUV baru yang merupakan “adik” dari VW Tiguan. Mobil baru ini rencannya diperkenalkan awal tahun. [Tih/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Ratih Paramitha

Ratih Paramitha

Mulai meniti karir menjadi Jurnalis sejak 2013 di Sinar Harapan kemudian di Jawa Pos Koran (2015-2021). Ber-elemen air, nggak bisa nolak kalau diajak ke pantai. Meski otomotif selalu identik dengan laki-laki, tetapi bukan berarti perempuan tak perlu mempelajarinya.


Berita Utama


Komentar