Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas, Ini yang Harus Diperhatikan

Berita Otomotif

Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas, Ini yang Harus Diperhatikan

Tips cara membeli dan memilih mobil pick up bekas wajib Anda ketahui sebelum meminangnya supaya mendapatkan kendaraan yang berkualitas.

Boleh dikatakan bahwa mobil pick up merupakan kendaraan serba guna yang sangat diperlukan oleh banyak pebisnis di Indonesia.

Hal ini dikarenakan mobil pick up memiliki beragam keunggulan khususnya untuk digunakan dalam mengangkut barang bawaan dalam jumlah banyak.

Secara umum, membeli mobil pick up dalam kondisi baru merupakan sebuah langkah yang baik, karena kualitas kendaraan lebih terjamin. Terlebih mobil pick up umumnya digunakan secara terus menerus tanpa henti guna mengejar keuntungan.

Di lain sisi, tidak semua pebisnis memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil pick up dalam kondisi baru. Untuk itu, membeli versi bekasnya adalah sebuah pilihan bijak, karena harganya lebih terjangkau dan tidak menghabiskan dana terlalu banyak.

Tapi tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan bila hendak membeli mobil pick up bekas.

Sebagai kendaraan tempur, belum tentu para pemilik terdahulu merawat kendaraan dengan benar. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila hendak membeli mobil pick up bekas.

 

Berikut beberapa tips membeli mobil pick up bekas.

Perhatikan Kondisi Bak Mobil

Salah satu yang menjadi nyawa dari mobil mobil pick up adalah baknya.

Bak yang rusak tentunya akan merugikan, terlebih bila mobil hendak digunakan sebagai kendaraan pengangkut pasir, sehingga risiko bocor akan menjadi sangat berbahaya.

Mobil Pick Up Bekas

Untuk melihat baik tidaknya kondisi bak mobil, cukup pastikan bak tidak memiliki karat.

Meski demikian, kondisi bak mobil pick up bekas yang mulus dari karat sebenarnya sangat langka. Untuk itu, setidaknya pastikan saja karat belum terlalu banyak dan tidak membahayakan.

Selain itu pada bak juga biasanya dilengkapi dengan beberapa pengait yang bisa digunakan untuk mengikat barang bawaan agar tidak terjatuh. Pastikan pengait tersebut masih dalam kondisi baik agar terhindar dari masalah.

Suspensi Mobil

Kekuatan suspensi menjadi hal yang sangat penting untuk diperiksa secara detail baik bagian depan maupun belakang. Hal ini karena mobil akan digunakan untuk membawa barang-barang yang beratnya tidak bisa diduga.

Agar perjalanan lancar, suspensi harus menjadi perhatian.

Umumnya, mobil pick up menggunakan per keong pada suspensi depan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, sehingga pengemudi dan kenek tidak terlalu tersiksa.

Namun, kekurangan dari per jenis ini, yaitu ada risiko kebocoran oli suspensi. Untuk itu periksa secara detail agar tidak merasa dirugikan.

Berbeda dengan bagian depan, suspensi belakang biasanya menggunakan per daun. Dengan menggunakan per daun, maka suspensi akan menjadi jauh lebih keras dan kuat dibandingkan dengan per keong. Ini tentu akan menguntungkan saat harus membawa barang dengan bobot yang berat sekalipun.

Sasis Mobil

Mobil Pick Up

Sasis kendaraan juga menjadi sangat penting untuk diperiksa. Pasalnya dengan memeriksa sasis kendaraan maka akan diketahui apakah mobil bekas tabrak atau tidak.

Mobil bekas tabrak biasanya ditandai dengan adanya bagian yang bengkok, patah, berkarat maupun bekas las.

Perlu diingat bahwa sasis kendaraan yang bekas tabrak dan betulkan dengan sembarangan dapat rusak sewaktu-waktu. Tentu ini sangat merugikan dalam berbisnis, khususnya bisnis pengantaran barang dan jasa.

Mesin

Tips membeli mobil pick up bekas berikutnya adalah pastikan kondisi mesin kendaraan dalam keadaan sehat.

Untuk memeriksa mesin mobil pick up, yang harus benar-benar diperhatikan adalah suara kendaraan apakah masih halus atau kasar.

Selain itu, periksa juga oli apakah dalam kondisi baik atau tidak, serta jangan lupa memeriksa kelistrikan.

Surat-surat

Legalitas sebuah kendaraan ditentukan dari kelengkapan surat-suratnya. Memeriksa legaliatas sebuah kendaraan adalah sebuah kewajiban dan tidak boleh dilewatkan demi alasan apapun.

Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan langsung ke kepolisian agar mendapatkan jawaban yang lebih pasti terkait legalitas mobil pick up bekas yang hendak Anda beli.

Ajak Teknisi Kepercayaan

Bagi yang tidak terlalu merasa percaya diri dengan kemampuan menilai sebuah kendaraan, maka tidak ada salahnya untuk mengajak teknisi kepercayaan. Ini akan memudahkan pencarian mobil yang terbaik sesusai dengan keinginan.

Siapkan Dana Cadangan

Pastikan untuk membeli mobil pick up bekas yang tidak terlalu mahal dan menguras kantong secara berlebihan.

Selalu siapkan dana lebih agar bisa langsung melakukan perbaikan ke bengkel kepercayaan setelah membeli.

Bukan karena mobil yang dibeli tidak sesuai harapan, tapi sekedar memastikan bahwa kendaraan memang dalam kondisi siap pakai saat hendak kita gunakan. Tidak ada salahnya juga untuk mencuci mobil secara detail, siapa tahu ada kotoran menempel ditempat tersebunyi.

Bisnis yang Cocok untuk Mobil Pick Up

Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan menggunakan mobil pick up, apalagi mobil ini juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pelanggan.

Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa dilakukan.

Jasa Pengantaran Paket

Umumnya pengantaran paket menggunakan motor atau mobil blind van, namun untuk barang berukuran besar maka mobil pick up adalah solusi praktis.

Tak hanya itu, ukuran mobil pick up yang terbilang compact, masih bisa dibawa masuk ke jalan kecil sekalipun.

Mobil pick up juga bisa dipasang boks pada bak belakang. Dengan ini mobil akan memiliki ruang penyimpanan yang lebih terjaga keamanannya dibandingkan dengan membiarkan bak tetap terbuka.

Jasa Pengantaran Barang Pindahan Rumah

Jasa pengantaran barang sebenarnya merupakan jenis bisnis yang sangat umum. Namun, salah satu yang paling banyak dijumpai adalah pengantaran barang pindahan rumah.

Boleh dikatakan, mobil pick up cukup merajai bisnis ini.

Mobil pick up memiliki beragam keuntungan, salah satunya adalah dimensinya yang compact sehingga memberi kemudahan untuk masuk ke gang-gang sempit sekalipun.

Selain itu mobil bak juga memiliki kapasitas besar, jadi bisa membawa banyak barang sekali jalan.

Food Truck

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa, mobil pick up cukup mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Salah satu jenis bisnis yang cukup banyak memanfaatkan mobil pick up adalah food truck.

Banyak pengusaha food truck yang memanfaatkan mobil pick up sebagai sarana utama, karena mobil ini memang mudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Tak hanya itu, umumnya mobil pick up memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit, maka tidak heran bila mobil pick up menjadi sebuah solusi untuk bisnis ini. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar