Perhatikan Hal ini Agar Start/Stop Engine Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berfungsi Normal

Mobil Baru

Perhatikan Hal ini Agar Start/Stop Engine Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berfungsi Normal

BOGOR - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fitur start/stop engine pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid berfungsi maksimal.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Keunikan dari SHVS adalah tersimpannya Integrated Starter Generator (ISG) yang tidak dimiliki mobil sekelas.

Perangkat ini seterusnya membuat new Ertiga Diesel memiliki fitur start/stop engine. Fitur itu sendiri dapat diaktifkan atau tidak sesuai kebutuhan pengemudi melalui tombol yang ada di dashboard.

ISG sendiri secara otomatis menghentikan kerja pada ruang bakar saat mesin kendaraan idle atau statis dalam jangka waktu tertentu. Dan selanjutnya dapat menghidupkan mesin sepersekian detik saat pedal kopling diinjak.

Yang perlu Anda perhatikan adalah terdapat beberapa kondisi membuat fitur start/stop engine tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Intinya mesin tetap hidup meski fitur ini telah diaktifkan. 

"Penyebabnya adalah sabuk pengaman pengemudi tidak terpasang, pintu tidak tertutup rapat, kopling diinjak dan tidak dalam posisi gear netral. Apabila ini sudah terpenuhi rasanya fitur start/stop engine akan bekerja sempurna," jelas Harold Donnel, Head of Product Development and Accessories PT SIS.

Kegagalan kerja fitur start/stop engine itu lainnya adalah daya baterai kurang dari 60 persen. Suzuki Ertiga Diesel SHVS menggunakan baterai 70 Ah (Ertiga bensin 35-40 Ah) dan sensor elektrik baterai yang berfungsi mengecek kondisi baterai.

Memang Suzuki tidak menyertakan indikator level baterai di panel instrumen yang seharusnya sebagai panduan bagi pengendara. Akan tetapi, pemilik jangan merasa khawatir. Sebab, ISG menjaga baterai tetap dalam kondisi prima. Jika bekerja normal, baterai pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akan tahan dalam waktu 2 tahun [Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual