Perhatikan, Begini Cara Mengecas Aki Mobil yang Tekor Seorang Diri

Panduan Pembeli

Perhatikan, Begini Cara Mengecas Aki Mobil yang Tekor Seorang Diri

JAKARTA – Aki merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil konvensional. Namun, kadang kala aki ‘tekor’ karena kurang setrum sehingga harus dicas.

Aki membuat mobil maupun fitur-fitur di dalamnya bekerja dengan sempurna. Fungsi pertama aki adalah memasok listrik saat mesin di-starter, agar dapat menyala.

Beragam komponen mobil yang memerlukan listrik juga mendapatkan suplai daya dari aki. Sebut saja, misalnya, head unit, lampu sein, alarm, klakson.

Komponen ini juga menyediakan energi untuk Engine Control Unit (ECU).

indikator kondisi aki pada kendaraan

Aki bisa tekor alias kurang daya, karena berbagai sebab.

Selain bisa dicas dengan mendatangi bengkel aki, ternyata hal itu bisa saja Anda lakukan sendiri.

Catatannya, ada alat khusus yang mesti disiapkan, yakni charger aki yang sesuai tipe aki tersebut.

4 Tahap Mengecas Aki Tanpa ke Bengkel

Terdapat empat tahapan ketika Anda mengecas aki seorang diri. Berikut urutannya, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000:

  • Copot Aki dari Mobil

Pertama, tentunya Anda mesti melepas aki dari dapur pacu mobil. Caranya gampang sekali, tapi Anda harus lebih hati-hati kalau mobil tersebut mempunyai sistem ECU yang harus di-reset dahulu ketika aki dilepas.

Adapun cara melepas aki ialah mencabut kabel positif (warna merah), lalu setelahnya kabel negatif (hitam). Kemudian, tempatkan aki di area kering dan bersihkan kotoran-kotoran seperti debu dengan kain lap atau baking soda.

  • Cek Level Air Aki

Untuk jenis aki basah, Anda perlu melihat tingkat ketinggian air aki di dalamnya. Jika berada di bawah indikator minimal, buka tutup ventilasi lalu tambahkan air suling atau pun air aki khusus sampai dengan sepertiga batas atas ketinggian air.

Ingat, jangan diisi penuh karena elemen-elemen dalam aki bisa mengembang dalam proses pengecasan.

Buka tutup ventilasi air aki agar letupan akibat gas bertekanan bisa diminimalisir.

  • Pasang Kabel Charger dan Mulai Pengecasan

Pemasangan kabel charger ke aki harus benar serta berurutan. Sebelum itu, pastikan charger belum terhubung dengan stop kontak. Gunakan sarung tangan untuk berjaga-jaga.

Kabel negatif berwarna hitam dipasangkan ke port aki hitam, sedangkan kabel positif (merah) ke port aki merah pula.

Setelah kabel terpasang, barulah hubungkan charger dengan stop kontak dan mulai mengecas.

Atur saklar-saklar charger di posisi tepat. Ada saklar arus pengisian, saklar pengatur tegangan, saklar pengaturan waktu pengisian.

  • Tunggu dengan Waktu Beragam

Waktu pengisian aki bervariasi, tergantung kapasitas aki itu. Rentangnya cukup luas yaitu 3-12 jam. Tapi jangan khawatir, karena umumnya charger akan mati otomatis ketika pengecasan selesai.

Setelahnya, Anda tinggal memasang lagi aki dengan tepat seperti semula. Selamat mengecas aki tekor sendiri, ya! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar