Perhatian, Jangan Parkir di Lokasi Ini

Panduan Pembeli

Perhatian, Jangan Parkir di Lokasi Ini

JAKARTA – Selain rapi dan berhati-hati, pengendara juga harus cerdas dalam menentukan lokasi parkir.

Lokasi parkir merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga keselamatan mobil. Apalagi jika anda memarkirkan mobil saat masih musim hujan. Resiko pohon tumbang atau rubuhnya papan reklame menjadi faktor yang harus diperhatikan.

Lantas, dimanakah tempat yang pantang untuk memarkirkan kendaraan? Berikut ulasannya.

Di bawah pohon besar.
Meski teduh saat cuaca terik, namun parkir dibawah pohon adalah keputusan yang cukup beresiko. Batang, ranting atau buah dari pohon bisa jatuh setiap saat dan menimpa mobil. Akibatnya, cat bisa terkelupas atau bahkan mobil menjadi penyok. Dalam kondsi ekstrim, pohon bisa roboh dan menimpa mobil.

Dekat tembok tua
Tembok tua biasanya sudah rapuh dan mudah roboh. Dengan parkir dekat dengan tembok tua maka resiko mobil tertimpa reruntuhan semakin besar. Kondisi tersebut bisa diperparah dengan cuaca yang buruk dan angina besar.

Di Bawah Papan Reklame
Meski terlihat kokoh, tapi papan reklame tetap memiliki resiko rubuh bila konstruksinya tidak cukup kuat. Tidak sedikit kasus papan reklame rubuh saat cuaca buruk dan menimpa mobil. Untuk itu hindari untuk memarkir kendaraan dekat papan reklame.

Dekat menara BTS dan pemancar
Sama seperti papan reklame, menara BTS dan pemancar biasanya memiliki kontruksi kuat dan dapat bertahan meski diterpa cuaca buruk sekalipun. Namun, menara pemancar sering kali kurang dirawat oleh pemiliknya. Akibatnya, resiko pemancar rubuh dan menimpa mobil semakin besar.

Di bawah atap yang kurang kokoh
Meski memarkirkan kendaraan di garasi merupakan tempat aman, namun bila atapnya rapuh tentu berubah menjadi bahaya. Untuk itu pastikan atap tempat anda memarkirkan kendaraan sepenuhnya aman dan kokoh.

Cekungan
Meski area parkir terlihat luas, pastikan anda tidak memarkirkan kendaraan di cekungan. Daerah yang cekung memiliki potensi banjir lebih besar ketimbang daerah rata.

Bahu Jalan
Bahu jalan sangat umum untuk dijadikan lokasi parkir. Praktis dan terbilang aman mengingat ada beberapa lokasi yang memang memperbolehkan bahu jalan dijadikan lokasi parkir. Namun, bahu jalan juga bisa merugikan mengingat lokasi ini tidak steril dari kendaraan lalu lalang. Resiko mobil terserempet atau bahkan ditabrak sangatlah tinggi. 

Tanjakan dan Turunan
Memarkirkan kendaraan di turunan atau tanjakan dapat merusak rem parkir lebih cepat rusak. Pasalnya, ketika parkir di lokasi ini maka rem akan menahan beban lebih berat agar mobil tidak mundur. Bila terpaksa, pastikan anda menggunakan batu atau sejenisnya untuk mengganjal ban. Dengan demikian beban rem parkir akan berkurang.

Tempat Sepi
Tempat sepi juga memiliki potensi bahaya khususnya pencurian. Tempat sepi biasanya jauh dari pantauan orang sehingga maling bisa dengan lebih mudah untuk mencuri mobil atau benda-benda di dalam mobil.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual