Perhatian! Gerbang Tol Karang Tengah Barat Direlokasi

Panduan Pembeli

Perhatian! Gerbang Tol Karang Tengah Barat Direlokasi

JAKARTA - PT. Jasa Marga telah merelokasi Gerbang Tol (GT) Karang Tengah Barat. Dengan pemindahan ini diharapkan kepadatan arus lalu lintas di sekitarnya dapat berkurang.

Arus lalu lintas di sekitar GT Karang Tengah Barat memang kerap macet, dengan antrean mengular pada GT. Ini sering kali terlihat pada jam-jam sibuk, saat hilir-mudik kendaraan sedang banyak-banyaknya.

Relokasi pun, seperti diumumkan dalam situs resmi Jasa Marga, dilakukan resmi pada Minggu (26/52019) kemarin tepat pkl 00.00 WIB. Penempatan ulang GT itu sendiri dilakukan pada momen-momen yang sama dengan penataan berbagai aspek jalan tol oleh para pemangku kepentingan, menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019.

Seperti diberitakan sebelumnya, puncak arus mudik tahun ini diperkirakan terjadi pada 31 Mei - 2 Juni. Berbagai persiapan dilakukan seperti pembangunan banyak SPBU baru khususnya di Tol Trans Jawa, pembangunan 30 unit toilet khusus penyandang disabilitas di 14 rest area, pemindahan GT Cikarang Utama dan penyiapan rekayasa lalu lintas berbentuk One Way.

Lebih lanjut, sebelum relokasi, GT Karang Tengah Barat I terletak di KM 10+600 A. Setelah relokasi, GT Karang Tengah Barat 1 yang baru berlokasi di KM 9+600 A.

Tak sekadar merelokasi, Jasa Marga Regional Jabodetabek Jabar selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Tangerang juga meningkatkan kapasitas transaksi dengan menambah jumlah gardu operasi. Semula, GT Karang Tengah Barat 1 memiliki tiga gardu operasi yang terdiri dari satu unit Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi-Golongan, satu unit Gardu Semi Otomatis Multi-Golongan dan satu Gardu Tandem.

Kini, jumlah gardu operasi di GT Karang Tengah Barat 1 bertambah menjadi enam unit. Perinciannya adalah empat unit Gardu Tol Multi Golongan dan dua GTO Khusus Golongan 1 Non-Bus.

Sebagai sosialisasi, Jasa Marga telah memasang spanduk di GT Karang Tengah Barat 1 dan GT Karang Tengah Barat 2 sejak tanggal 22 Mei 2019.  Meski begitu, untuk mengantisipasi pengguna jalan yang belum tersosialisasi, sesaat setelah transaksi resmi dipindahkan di GT yang baru, GT lama tetap dioperasikan satu gardu tol (Gardu 1) hingga pukul 02.00 WIB dini hari kemarin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support