Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Perempuan Sudah Dipercaya jadi Teknisi Kendaraan di India

Berita Otomotif

Perempuan Sudah Dipercaya jadi Teknisi Kendaraan di India

NASHIK - Dealer Mahindra di kota Nashik, India ternyata sudah mempekerjakan perempuan sebagai teknisi kendaraan.

Perempuan-perempuan tersebut diklaim sudah memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki sehingga kualitas pekerjaan pun tidak akan berbeda. Hal ini disampaikan oleh Samkit Syah, Director of Jitendra Automobiles Pvt. Ltd, salah satu distributor Mahindra di India.

“Kami mempekerjakan puluhan perempuan sebagai teknisi. Mereka sudah mendapat pelatihan dan kemampuan yang sama dengan laki-laki. Tapi memang ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan laki-laki karena membutuhkan tenaga lebih besar,” ungkapnya.

Dari pantauan Mobil123, sejumlah teknisi perempuan sedang memperbaiki kendaraan dari penggantian ban, karet sun roof serta tune up kendaraan. Meski demikian, laki-laki masih tetap mendominasi pekerjaan khususnya di fasilitas perbaikan body kendaraan.

Hal ini karena pada perbaikan body kendaraan, terlalu banyak part yang harus dibongkar karena kerusakannya terbilang cukup parah. Beberapa di antaranya bahkan harus melakukan perbaikan sasis kendaraan.

Banyaknya teknisi perempuan tersebut terbilang berbeda di Indonesia yang umumnya masih di dominasi laki-laki. Perempuan biasanya ditempatkan di showroom atau bekerja di pabrik untuk memproduksi kendaraan.

Sementara itu untuk shoroom sendiri jumlah pekerja laki-laki dan perempuan terbilang lebih sebanding. Hal ini serupa dengan yang terjadi di Indonesia karena perempuan dinilai lebih cerdas untuk menjual kendaraan.

Tak hanya itu, mereka juga sudah dilengkapi dengan beberapa tablet untuk memberikan penjelasan pada konsumen. Selain bisa menampilkan fitur dan harga kendaraan yang diinginkan, tablet juga dapat membandingkan kendaraan satu dengan lainnya.

Fasilitas lain  di dealer Mahindra adalah Virtual Reality yang bisa menjelaskan beragam informasi pada pelanggan. Fasilitas tersebut digunakan bila pelanggan ingin melihat kendaraan lebih detail namun unit yang diinginkan tidak ada di dealer. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang