Perang Dagang AS – China Untungkan Pabrik Hankook Indonesia

Berita Otomotif

Perang Dagang AS – China Untungkan Pabrik Hankook Indonesia

JAKARTA – Perang dagang Amerika Serikat (AS) – China tak selalu berdampak negatif bagi semua pihak. Hankook Indonesia termasuk yang merasa diuntungkan dengan peristiwa tersebut.

Apriyanto Yuwono, Sales Manager Hankook Tire Indonesia, mengatakan pabrik mereka di Cikarang, Bekasi kini mengekspor ban mobil ke lebih banyak negara. Hal ini merupakan efek dari perang dagang.

“Ada (suplai ke pasar global) yang dialihkan ke kami,” tukasnya dalam Year End Media Gathering pada awal pekan ini di Jakarta.

Sayangnya, Hankook memiliki kebijakan untuk tak mengungkap volume penjualan domestik atau ekspor. Karena itu, Apriyanto hanya menjelaskan pabrik mereka mempunyai kapasitas terpasang sekitar satu juta ban sebulan, 11 – 12 juta ban setahun.

“Porsi kami kecil untuk domestik kecil. Sebanyak 10 persen. Sebanyak 90 persen untuk ekspor,” tandasnya.

Pabrik Hankook di dunia, terang Apriyanto, berjumlah delapan. Selain satu di Indonesia, ada tiga di Hungaria, dua di Korea Selatan, satu di China, serta satu di AS.

Hankook sendiri, jelasnya, sudah berkomitmen untuk berinvestasi pengembangan kapasitas pabrik di Indonesia. Dua tahap yang sudah dilakukan membuat kapasitas pabrik menjadi sebesar ini.

Ia tidak bisa menjelaskan kapan tiga tahap investasi sisanya akan rampung. Namun, tahap ketiga ia prediksi tak akan terlalu lama dari saat ini karena hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan makin membaik.

“Hubungan Indonesia dengan Korea akan semakin baik di tahun depan khususnya setelah Hyundai yang ingin membangun pabrik,” pungkasnya menyinggung pabrik Hyundai yang bakal rampung pada 2021.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, rencana penanaman modal Hankook dalam lima tahap di Indonesia bernilai total 1,1 miliar dollar AS (Rp 15,4 triliun). Setelah seluruh tahap selesai, kapasitas produksi terpasang akan menjadi 20 juta ban per tahunnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar