Penuh Insiden, Rosberg Menang Meyakinkan di F1 Belgia 2016

Berita Otomotif

Penuh Insiden, Rosberg Menang Meyakinkan di F1 Belgia 2016

SPA - Seri F1Belgia 2016 berhasil dimenangkan oleh Nico Rosberg dari Mercedes  denga torehan waktu 1 jam 44 menit dan 51,058 detik.

Kemenangan tersebut terasa sangat meyakinkan mengingat jaraknya dengan runner up yang diisi oleh Daniel Ricciardo dari Red Bull cukup jauh. Tercatat, Ricciardo finish  14,113 detik di belakang Rosberg. Selisih waktu yang terbilang telampau jauh.

Sementara juara dunia musim lalu sekaligus pemuncak klasmen sementara, Lewis Hamilton dari Mercedes juga berhasil meraih podium. Raihan tersebut terbilang fantastis mengingat Ia harus start dari posisi 21.

Nico Hulkenberg dari Force India berhasil masuk 4 besar. Ia berhasil meninggalkan rekan satu timnya, Sergio Perez di posisi lima dan Sebastian Vettel di posisi keenam. Fernando Alonso dari McLaren-Honda pun berhasil meraih hasil baik dengan finish diurutan ketujuh.

Posisi kedelapa dan kesembilan berhasil diamankan oleh duo Williams yaitu Filipe Massa dan Valtteri Bottas. Di belakang mereka, Kimi Raikkonen mengamankan 1 poin tambahan untuk Ferrari.

Balapan dimulai dengan penuh insiden. Rosberg berhasil melesat ke depan namun Max Vertappen dari Red Bull, Raikkonen dan Vettel langsung bersenggolan. Akibatnya, Vettel sempat kehilangan kendali semenrara Verstappen dan Raikkonen mengalami kerusakan dan harus masuk pit.

Di belakang mereka, Jenson Button dari McLaren-Honda dan Pascal Wehrlein dari Manor Racing juga mengalami senggolan hingga mereka tidak dapat melanjutkan balapan. Sedangkan Carlos Sainz dari Torro Rosso Ferrari juga harus menghentikan balapan setelah ban belakang mobilnya meledak dan pecahannya merusak sayap belakang.

Namun bencana belum berakhir. Pada lap 10, Kevin Magnussen dari Renault mengalami kecelakaan hebat. Bendera kuning sempat dikibarkan namun ternyata kecelakaan yang dialaminya terlalu berat sehingga bendera merah pun dikibarkan. Pertandingan dihentikan sementara selama 17 menit.

Pertandingan dilanjutkan kembali dengan start dipimpin oleh Safety Car. Ketika itu, 5 besar diisi oleh Rosberg, Ricciardo, Hulkenberg, Alonso dan Hamilton. Sebelum start, beberapa insiden juga terjadi. Salah satunya adalah bagian bawah mobil Vettel yang terbakar.

Rosberg dan Ricciardo langsung melesat setelah safety car masuk ke kandang. Namun, Hamilton perlu waktu cukup lama untuk dapat menyusul Hamilton. Lap 17, posisinya naik ke posisi tiga setelah menyalip Hulkenberg. Namun posisinya kembali tercecer setelah masuk pit di lap 21. Beruntung, pembalap lain mulai masuk ke pit sehingga Ia kembali ke posisi atas.

Lap 30, Rosberg unggul lebih dari 10 detik dari Ricciardo. Sementara di belakangnya menguntit Hamilton, Hulkenberg dan Perez. Hamilton harus mengganti bannya pada lap 33 dan membuatnya terdepak dari posisi tiga. Namun, Ia berhasil merebut kembali posisi ketiga pada lap berikutnya.

Posisi 3 besar ini bertahan hingga finish. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual