Penjualan Toyota Avanza Dekati Penjualan Seluruh Model Honda

Berita Otomotif

Penjualan Toyota Avanza Dekati Penjualan Seluruh Model Honda

JAKARTA - Penjualan Toyota Avanza selama Januari - Maret 2019 mendekati penjualan seluruh model Honda dalam periode yang sama.

Avanza, berdasarkan data wholesales (pabrik ke dealer) yang diberikan Toyota, membukukan 19.806 unit sepanjang tiga bulan pertama 2019. Jika menilik data Gaikindo, volumenya turun 7,5 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 21.413 unit.

“SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Avanza sejak meluncur sudah di atas 20 ribu unit,” ucap Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) melalui pesan singkat pada pekan pertama April.

Sebagai informasi, Avanza facelift diperkenalkan pertama kali pada pertengahan Januari kemarin. Produksi sempat bermasalah pada dua bulan awal sehingga berpengaruh ke wholesales, dengan volume sekitar 5.700 unit dan 6.000 unit, karena penyesuaian peralihan dari model lama ke model baru plus penghabisan stok.

Padahal, SPK mencapai lebih dari 17 ribu unit pada Januari plus Februari. Suplai diekspektasikan normal pada Maret.

Adapun harga Avanza terbaru berdasarkan informasi terkini di situs resmi Toyota Indonesia adalah Rp 191.100.000 hingga 239.450.000 on-the-road Jakarta.

Penjualan Honda
Raihan Avanza seorang diri sudah bisa menandingi wholesales Honda untuk seluruh modelnya. Sayang, narasumber dari merek tersebut belum mau menjabarkan performa tiap model.

“Penjualan kami sekitar 28 ribu unit, total dari Januari sampai Maret,” ucap Yulian Karfili, Public Relations Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM) menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela seri pertama Honda Jazz and Brio Speed Challenge 2019 pada Minggu (7/4/2019) di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ini berarti ada penurunan year on year lebih dari 22 persen. Pasalnya, di periode yang sama tahun lalu, Honda mendistribusikan 36.258 unit.

Pabrikan yang pada awal berdirinya pernah menjadi penyuplai komponen bagi Toyota di Jepang itu sendiri pada bulan pertama 2019 meluncurkan versi minor change dari Mobilio yang notabene kompetitor Avanza. Dengan harga masih sama, secara umum ubahannya hanya ada di sektor aksesoris dan head unit.

Ubahan besar dan fitur-fitur baru kemungkinan menunggu versi major change hadir.

Segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang diisi Avanza dan Mobilio plus Suzuki Ertiga kini makin keras persaingannya. Selain ada pemain baru yakni Mitsubishi Xpander plus Wuling Confero, ada pula model baru  dari All-New Nissan Livina. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support