Penjualan Suram, Toyota Yaris Tereleminasi dari Pasar Amerika Serikat

Berita Otomotif

Penjualan Suram, Toyota Yaris Tereleminasi dari Pasar Amerika Serikat

PLANO - Toyota Yaris sedan maupun hatchback akan stop diproduksi dan dijual di Amerika Serikat karena penjualannya makin anjlok.

Nasib Toyota Yaris memang benar-benar tidak bagus di Amerika Serikat. Penjualannya belakangan tidak menunjukkan angka yang menggembirakan beberapa tahun terakhir, malah justru sebaliknya.

Pada 2019 tercatat penjualan hanya mencapai 2.181 unit di Negeri Paman Sam. Angka tersebut sejatinya ada sedikit peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya dari 1.940 unit.

Yang tragis, peningkatan sedikit itu terjadi setelah Yaris hatchback 2020 diperkenalkan di New York Auto Show 2019. Rupanya publik Amerika Serikat tidak terlalu tertarik dengan produk yang merupakan rebadge dari Mazda2 dan dilengkapi mesin 1.5-liter bertenaga 106 hp.

Kondisi terpuruknya Yaris ini sendiri juga terkait dengan beralihnya konsumen Amerika Serikat ke model Crossover. Hal ini membuat pasar sedan dan hatchback terpuruk dalam beberapa tahun belakangan ini.

Pabrikan tuan rumah Ford dan General Motor sendiri sudah menyerah terlebih dahulu dengan tidak lagi memproduksi sedan dan hatchback. Keduanya tidak mau buang-buang waktu dan dana untuk tetap menghadirkan model mobil tidak laku dan fokus pada model yang sesuai dengan keinginan pasar di Amerika Serikat.

Berita akan dihentikannya penjualan Yaris di Amerika Serikat sendiri terungkap oleh sebuah surat yang diposting online untuk jaringan dealer Toyota dan dinotice oleh CarBuzz. Isi surat atau memo tersebut mengatakan bahwa Toyota Yaris sedan dan hatchback sudah memasuki waktu "matahari terbenam", dan produksinya di Amerika Serikat akan mulai distop pada akhir Juni 2020.


Pihak Toyota Amerika Serikat sendiri telah mengkonfirmasi dan menyebutkan bahwa isi surat yang ditandatangani Andy Eccher, Vice President Toyota Amerika Serikat dan Bill Coffman selaku Assistant Vice President. Dan apa yang terjadi pada Yaris sedan dan hatchback ini hanya terjadi di pasar Amerika Serikat, di negara lain penjualan masih dilalukan.

Toyota Amerika Serikat sendiri tidak berencana menghadirkan sedan dan hatcback lain untuk menggantikan Yaris. Sepertinya mereka tidak mau coba-coba untuk dapat menghidupkan atau setidaknya merangsang penjualan sedan dan juga hatchback terutama dikisaran harga di segmen Yaris.


Lalu bagaimana dengan Yaris Cross, apakah ada peluang untuk dijual di Amerika Serikat ?. Rasanya harapan atau peluangnya sangat kecil, jadi konsumen di Amerika Serikat tidak perlu terlalu berharap akan mendapatkan Yaris Cross 

Namun demikian konsumen atau pemilik Yaris di Amerika Serikat tentu tidak perlu pusing dengan urusan perawatan dan sparepart. Karena Toyota Amerika Serikat tentu menjamin keberadaannya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar