Penjualan Mobil via Online Bakal Lebih Populer

Berita Otomotif

Penjualan Mobil via Online Bakal Lebih Populer

TANGERANG - Renault Indonesia yakin penjualan mobil via online akan lebih diminati konsumen dan berimbas pada kenaikan jumlah unit yang terjual. 

PT Auto Euro Indonesia (AEI) selaku agen pemegang merek (APM) Renault di Indonesia mempelajari betul perubahan perilaku konsumen yang terjadi belakangan ini . Mereka percaya perilaku konsumen dalam membeli mobil akan berubah dalam 10 tahun mendatang.

Berbicara di depan para jurnalis, Ario Soerjo, Sales and Marketing Division Head PT AEI mengatakan, ke depan tidak menutup konsumen akan lebih banyak yang melakukan transaksi penjualan mobil via internet. Jadi internet tidak hanya digunakan untuk mencari info seputar spesifikasi mobil idamannya saja.

“Kami sedang pelajari kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini. Sepuluh tahun ke depan, cara konsumen membeli mobil akan berubah. Dunia internet di Indonesia kini sudah sangat berkembang,” kata Ario di Tangerang.

Bergesernya konsumen ke online dari jalur offline bukan tanpa sebab. Selain memudahkan, juga hemat waktu dan biaya tanpa harus berkunjung ke dealer atau showroom. Skema pembayarannya pun sudah dibuatkan platform agar memudahkan konsumen dalam berbelanja mobil online.

Seperti diberitakan, pada 2014, pengguna internet di Indonesia nomor enam di dunia. Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter –sebutan pengguna internet– di Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Diprediksi pada 2017, jumlah netter Indonesia akan tembus 112 juta orang.

Jika ini terbukti, maka akan berimbas pada industri penjualan mobil secara online dan bisa meningkatkan penjualan otomotif dalam negeri.

Dijelaskan Ario, untuk sementara ini konsumen masih merasa nyaman dengan berkunjung ke dealer. Tetapi ke depannya, keberadaan dealer akan berkurang seiring dengan kebiasan konsumen berbelanja mobil via internet. 

Bagi PT AEI, proses itu mulai dijalani. Konsumen Renault pun tidak perlu khawatir. Renault di Indonesia mendapat dukungan dari jaringan bengkel resmi Renault yang bekerjasama dengan Nissan yakni Service Point Renault Nissan Gading Serpong.

Renault Indonesia memiliki delapan service point dan sales point yang resmi beroperasi tahun ini. Untuk sales point, AEI bisa dikunjungi di Jakarta (MT Haryono dan Pantai Indah Kapuk), Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan serta Pekanbaru. [Ikh/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support