Hadapi Tahun Politik, Penjualan Mobil di Surabaya Digeber Sebelum Lebaran

Berita Otomotif

Hadapi Tahun Politik, Penjualan Mobil di Surabaya Digeber Sebelum Lebaran

JAKARTA – Melalui pameran otomotif, pabrikan-pabrikan mobil akan menggeber penjualan di salah satu pasar terbesar di Indonesia yakni Surabaya, Jawa Timur, sebelum Hari Raya Lebaran Idul Fitri. Hal ini dilakukan pada tahun politik yang berpotensi membuat penjualan mobil lesu.

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan digelar di Surabaya yaitu pada 29 Maret – 7 April dan akan diikuti 15 merek mobil. Waktu pelaksanaannya diubah dari 15 - 23 September pada tahun lalu menjadi sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden pada 17 April dan Lebaran Idul Fitri pada awal Juni.

‘Kota Pahlawan’ menjadi pembuka GIIAS Series pada tahun ini, diikuti oleh GIIAS Jakarta (18 – 28 Juli), Makassar (4 – 9 September), Medan (23 – 27 Oktober).

Tahun politik sendiri menjadi salah satu tantangan perkembangan pasar mobil nasional. Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), ketika diwawancarai belum lama ini via sambungan telepon mengatakan bahwa berdasarkan rekam jejak, penjualan mobil berpotensi turun pada tahunnya Pemilu.

Di sisi lain, sebulan – dua bulan menjelang Lebaran hampir selalu menjadi titik konsumsi kendaraan bermotor paling tinggi setiap tahun, jika mengacu pada data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Agus Riyadi, Project Director Sevent Event, ketika ditemui Mobil123.com di Medan pada akhir 2018, sempat menyatakan penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada awal 2019 sebelum Lebaran merupakan salah satu strategi mereka sebagai organisator pameran dalam menyiasati potensi melesunya pasar di tahun politik. Dalam konferensi pers perdana GIIAS 2019 Series, Agus lalu mengatakan Surabaya sangat penting bagi pasar otomotif.

“Besar pasar Surabaya adalah nomor dua di Indonesia,” ucapnya pada Selasa (26/2/2019) di Sudirman, Jakarta.

Di sisi lain, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menyanggah alasan diadakannya pameran otomotif di Surabaya beberapa saat menjelang Lebaran adalah strategi asosiasi menghadapi potensi efek negatif tahun politik. Sebagai informasi, GIIAS merupakan hajatan otomotif nasional yang diinisiasi Gaikindo melalui Seven Event.

“Kami cuma ingin pilih kota dengan penjualan terbesar,” ujarnya.

Meski begitu, Rizwan Alamsjah selaku Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2019 tak menutupi Surabaya amat vital untuk mendorong penjualan mobil secara nasional.

“Surabaya kota dengan magnitude sangat besar seperti Jakarta. Oleh karena itu kami memakainya sebagai tempat pembukaan GIIAS 2019 Series karena kami anggap berpotensi besar buat pameran maupun penjualan industri otomotif Indonesia,” tukasnya.

Gaikindo sendiri menargetkan penjualan mobil 1,1 juta unit pada 2019. Ini tak jauh berbeda dari performa 2018 yang mencapai 1,15 juta unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar