Penjualan Mobil 2018 Diprediksi Naik 4,6 Persen

Berita Otomotif

Penjualan Mobil 2018 Diprediksi Naik 4,6 Persen

JAKARTA – Frost & Sullivan, sebuah perusahaan konsultan di bidang indutri memperkirakan penjualan mobil di Indonesia akan meningkat sebesar 4,6 persen tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan tersebut diharapkan dapat tercapai dengan meningkatkan GDP di Indonesia serta kestabilan ekonomi di Indonesia. Kendaraan komersial, LCGC dan MPV diperkirakan masih akan menjadi tulang punggung penjualan mobil di Indonesia.

“Mobil-mobil yang akan diluncurkan mulai dari model baru, facelift hingga penambahan varian khususnya di segmen MPV akan menjadi kunci peningkatan penjualan di Indonesia. Kendaraan komersial juga akan terus berkembang sejalan dengan banyaknya pembangunan belakangan ini,” ungkap Viviek Vaidya, Senior Vice President of Mobility Frost & Sullivan.

Tak hanya itu, Ia pun mengatakan bahwa banyak permintaan akan kendaraan komersial yang tidak dapat dipenuhi tahun lalu, akan dipenuhi tahun ini. Dengan demikian permintaan akan kendaraan komersial semakin besar.

Meski demikian, ada beberapa faktor penghambat pertumbuhan penjualan mobil 2018. Salah satunya adalah adanya kemungkinan kenaikan harga BBM serta kerugian fiskal yang mencapai 2,2 persen dari GDP. Akibatnya, negara akan mencoba menutup kerugian tersebut dengan cara menaikkan pajak.

Berdasarkan data dari Frost & Sullivan, terjadi keunikan tentang penjualan kendaraan di Indonesia. Hal ini karena penjualan kendaraan penumpang mengalami penurunan 2,6 persen namun penjualan kendaraan komersial justru dapat meningkat hingga 17,1 persen.

Penurunan kendaraan penumpang tersebut memang terbilang mengejutkan karena di segmen MPV terdapat model baru yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Keduanya diklaim memiliki penjualan yang cukup bagus.

Sementara penjualan kendaraan komersial memang terbilang tidak terlalu mengejutkan mengingat banyaknya pembangunan infrastruktur yang membutuhkan kendaraan-kendaraan baru. Peningkatan ini diperkirakan akan terus meningkat di tahun ini karena pembangunan masih belum selesai sepenuhnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual