Penjualan Global Toyota 2020 Merosot 10.5 Persen

Berita Otomotif

Penjualan Global Toyota 2020 Merosot 10.5 Persen

JAKARTA – Toyota mengumumkan hasil penjualan produk-produknya secara global pada 2020 yang mengalami penurunan.

Adanya pandemi covid-19 yang bergulir sejak awal 2020 di seluruh dunia, tidak terkecuali Jepang. Pabrik toyota sendiri sempat mengalami penghentian produksi pada awal pandemi. Meskipun saat ini telah mulai kembali memproduksi kendaraan, namun kondisinya belum pulih sepenuhnya.

Toyota dikatakan belum sepenuhnya melakukan aktivitas di berbagai pabriknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus lebih banyak lagi. Namun dikatakan dengan bantuan konsumen setianya, Toyota tidak mengalami kemerosotan lebih parah dalam hal penjualan.

Penjualan produk-produk Toyota secara global disebutkan turun sebanyak 10.5 persen year-on-year. Brand asal Jepang ini masih bisa mempertahankan produksi kendaraan di level 3 juta unit dalam satu tahun.

Meskipun dikatakan mengalami penurunan secara global, namun penjualan Toyota di China diklaim mengalami kenaikan. Penjualan mereka disebutkan mengalami kenaikan 10.9 persen di China. Toyota juga mencatat adanya kenaikan penjualan secara global pada Desember 2020. Torehan positif diraih di beberapa negara seperti Amerika Utara, China, Eropa dan Jepang di penghujung 2020.

Sejak Oktober hingga Desember 2020, penjualan Toyota secara global naik sebanyak 6.8 persen. Hal ini disebutkan melebihi ekspektasi awal mereka, karena harapannya hanya naik sebesar 5 persen saja.
Toyota RAV4
Secara global produk mobil-mobil Toyota pada 2020 turun 12.6 persen YOY. Namun uniknya di China produksi Toyota justru naik 9.5 persen YOY. Bahkan pada Desember 2020, produksi di China naik 14.4 persen.

Pada 2020 silam, Toyota RAV4 menjadi unit paling laris sejak Januar hingga Desember dengan penjualan global 994.000 unit. Jumlah ini naik sebesar 2.9 persen YOY. Amerika Serikat dan China dikatakan penyumbang terbanyak penjualan kendaraan ini.

Di Indonesia, penjualan ritel Toyota mencapai 182.665 unit sepanjang 2020. Angka tersebut diklaim turun sebanyak  44.8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Meskipun penjualan turun, namun Toyota masih memegang market share penjualan mobil di Tanah Air sebesar 31.9 persen. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar