Penjualan DFSK Melambung Tinggi Namun Tak Capai Target

Berita Otomotif

Penjualan DFSK Melambung Tinggi Namun Tak Capai Target

JAKARTA – Penjualan Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia pada Januari – Oktober 2019 melambung tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Namun, angka tersebut masih amat jauh dari target dan DFSK merasa tidak akan bisa mencapainya.

DFSK, berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membukukan 3.105 unit selama 10 bulan pertama 2019. Jumlahnya naik 215,9 persen year on year.

“Kami sudah meningkatkan penjualan dengan tiga model yang kami perkenalkan di pasar Indonesia. Ada Glory 580, Glory 560, dan Supercab. Dengan tiga model dalam waktu sekitar satu tahun itu kami sudah mengalami peningkatan tajam dalam basis year on year,” ucap Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile pada awal pekan ini di Pondok Indah, Jakarta.

Pikap Super Cab masih mendominasi dengan volume 1.540 unit atau 49,6 persen dari total penjualan. Di tempat kedua terdapat sport utility vehicle (SUV) Rp 200 juta-an Glory 560 dengan 1.101 unit atau 35,46 persennya.

Selanjutnya ialah SUV Rp 300 juta-an, Glory 580, dengan 464 unit. Kontribusinya pun paling kecil, hanya 14,94 unit dari total penjualan.

Jauh dari Target
Meski begitu, angka 3.105 unit masih jauh di bawah target tahun ini yang mencapai 12 ribu unit. Padahal, waktu bagi merek asal China tersebut untuk memenuhi target tinggal dua bulan untuk memenuhi selisih yang mencapai hampir 9.000 unit itu.

Franz mengakui hal tersebut. Ia juga mengakui bahwa pihaknya hampir pasti tak bisa memenuhi target.

Menurut dia, DFSK sebagai pemain baru di pasar otomotif Indonesia punya banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Mereka memilih fokus terlebih dahulu pada kualitas dari produk dan servis.

“Pada semester satu kemarin kami punya 40 dealer. Sekarang kami sudah punya 75 dealer. Kami sudah membangun pondasi untuk tahun ini,” ujarnya mencontohkan.

Ia juga mengakui perkiraan perkembangan DFSK tak sesuai prediksi.

“Kecepatan perkembangan pemain baru di Indonesia tak seperti dugaan kami,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar