Penjualan Bus dan Truk Mercedes-Benz Naik Dua Kali Lipat di 2018

Berita Otomotif

Penjualan Bus dan Truk Mercedes-Benz Naik Dua Kali Lipat di 2018

JAKARTA – Mercedes-Benz mengklaim penjualan bus dan truk mereka menjadi berlipat ganda pada 2018, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year).

Agen pemegang merek truk Mercedes-Benz, PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), melalui keterangan resmi pada Jumat (1/2/2019) mengumumkan keberhasilan meningkatkan penjualan hingga 100 persen year on year pada 2018. Merek yang bermain di segmen truk berat serta bus premium ini menyebut pertumbuhan mereka tak lepas dari perkembangan di sektor infrastruktur, logistik, pertambangan.

Produk-produk unggulan Mercedes-Benz di segmen truk  berat, Actros dan Axor, mencatatkan pertumbuhan penjualan masing-masing 209 persen dan 156 persen. Pada tahun lalu, pabrikan asal Jerman ini meluncurkan Axor 2523 R varian sumbu roda pendek yang turut memperkuat penetrasi pasar kendaraan komersial mereka di negeri ini.

Tidak disebutkan mengenai capaian penjualan produk-produk bus Mercedes-Benz. Yang pasti, pada semester kedua 2018 mereka meluncurkan sasis bus Mercedes-Benz 1623 RF dan O500 RS 1836 untuk memenuhi permintaan dari transportasi dalam kota maupun antarkota.

Sayangnya, volume penjualan tidak disebutkan oleh Mercedes-Benz, sesuai dengan kebijakan perusahaan mereka. Pabrikan ini juga tidak menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sehingga transaksi penjualan wholesales maupun retail tidak  bisa ‘diintip’.

Lebih lanjut, pada2018, Mercedes-Benz juga meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) truk berat Axor yang sudah diproduksi secara lokal di pabrik Wanaherang, Bogor sejak Agustus 2017. Hal ini dibuktikan dengan penganugerahan sertifikat IKD (Incomplete Knock-down) pada September dari Kementrian Perindustrian, setelah melampaui standar 25% lokal komponen.

Selain itu, mereka meningkatkan volume produksi Axor plus produk bus di Wanaherang hingga 106 persen.

Mercedes-Benz tak lupa memperluas jaringan dealer khusus untuk kendaraan niaga. Bersama sejumlah mitra, ada penambahan 13 dealer kendaraan niaga di tahun bershio anjing tanah tersebut. Mereka menegaskan akan terus melebarkan jaringan secara konsisten di tahun ini dan tahun mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support