Penjelajah Dunia Sudah Sampai di Indonesia

Berita Otomotif

Penjelajah Dunia Sudah Sampai di Indonesia

DENPASAR - Jeffrey Polnaja (53), penjelajah dunia seorang diri dengan sepeda motor asal Bandung, Jawa Barat, mulai memasuki Bali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, usai menuntaskan perjalanan di Timor-Leste, negara terakhir misi Ride for Peace (RFP) kedua, Senin (14/9).

Rencananya, Jeffrey yang masih menunggang motor besar BMW R 1150 GS bernomor polisi B 5010 JP, akan melakukan serangkaian kegiatan selama dua hari lawatannya di Pulau Dewata.

Jeffrey yang akrab disapa Kang JJ tiba di Bali usai berkeliling di kepulauan Indonesia bagian timur, mulai dari Nusa Tenggara Timur hingga Nusa Tenggara Barat, termasuk naik gunung Kelimutu di Pulau Flores. "Selepas perbatasan Timor-Leste, sebenarnya saya sudah merasa misi Ride for Peace kedua ini tuntas. Nusa Tenggara Barat adalah bagian dari Tanah Air saya. Kerinduan saya pada keindahan negeri tercinta akhirnya tercapai," kata Kang JJ yang meninggalkan Indonesia sejak 25 Mei 2012 untuk memulai penjelajahan dari Belgia.

Kedatangan Jeffrey di Bali ini rupanya telah tercium komunitas-komunitas sepeda motor setempat. Nyoman Suwela, salah satu tokoh pecinta sepeda motor di Bali, bahkan menyebut kehadiran Jeffrey di Padang Bai, Karangasem akan disambut ratusan bikers dari berbagai komunitas, termasuk mengawal perjalanan Jeffrey hingga pusat kegiatan acara “Road to Finish 420.000Km Jeffrey Polnaja” di toko perlengkapan pendakian gunung dan bermotor Eiger, di kawasan Sunset Road, Nusapenida, pada Selasa (15/9).

"Saya menghormati Jeffrey Polnaja, sekaligus salut dengannya. Dia telah mempertaruhkan jiwanya untuk mengibarkan semangat perdamaian di dunia seorang diri dengan sepeda motor. Semoga misi Ride for Peace bisa menjadi inspirasi bagi seluruh pecinta motor di dunia," ujar Suwela.

"Tentu sebuah kehormatan bagi saya bisa diterima oleh teman-teman dari komunitas roda dua di Bali. Antusiasme dari teman-teman memberi keyakinan bahwa kesuksesan misi Ride for Peace selama ini tidak terlepas dari do'a dan semangat yang berikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia kepada saya," ungkap Kang JJ.

“Keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua, keberhasilan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Selama di Bali Jeffrey dan tim RFP juga akan menggelar presentasi di hadapan sekelompok perwakilan-perwakilan komunitas pengendara sepeda motor setempat. Bertempat di toko Eiger di daerah Sunset Road, Jeffrey akan bercerita tentang pentingnya pemuda Indonesia mengobarkan semangat perdamaian di dunia.

"Indonesia adalah negara penuh kedamaian. Indahnya hidup di Indonesia harus diketahui dunia, terutama negara-negara yang masih dirudung konflik peperangan. Berdamai itu cantik. Peperangan, sekecil apapun, hanya bisa menghancurkan sendi-sendi kemanusiaan," ucap pria yang pada 2006 hingga 2008 telah melakukan misi RFP pertama di 72 negara ini.

Kehadiran Jeffrey di Bali sekaligus menjadi awal dimulainya kegiatan "Road to Finish 420.000Km Jeffrey Polnaja" yang didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI). Catatan jarak tempuh yang telah ditorehkan Jeffrey tersebut merupakan kebanggaan bagi Indonesia. Pasalnya, rekor itu telah menempatkannya sebagai orang nomor dua di dunia yang pernah mengendarai sepeda motor terjauh seorang diri dengan singgah di 97 negara.

Berawal dari Bali, Jeffrey akan melakukan perjalanan menuju Jakarta sebagai tempat awal perjalanan RFP sembilan tahun silam. Selama perjalanan sejauh sekitar 1.500 km tersebut Kang JJ akan ditemani tujuh pengendara sepeda motor kelas adventure, termasuk puteranya Reindraprasta Polnaja di atas Triumph Tiger.

Dijadwalkan Jeffrey akan singgah di Kota Batu, Malang pada Rabu (16/9) malam, untuk menemui sekelompok komunitas sepeda motor yang telah menyiapkan acara untuk RFP. Di kota ini pula Jeffrey akan menjumpai putra keduanya, Rangga Erlangga Polnaja, yang telah menyiapkan acara untuk RFP di Monkey Garage. Dari kota di Jawa Timur tersebut Jeffrey dan rombongan akan langsung menuju Jakarta setelah singgah satu malam di sebuah kota di Jawa Tengah.

Pada Sabtu, 19 September 2015, seluruh rombongan RFP diagendakan mencapai Jakarta dan melakukan serangkaian kegiatan bersama ratusan pecinta sepeda motor dari berbagai lapisan. Kegiatan puncak "Road to Finish 420.000Km Jeffrey Polnaja" sendiri bakal dihelat di kantor Pengurus Pusat IMI (PP IMI) di kawasan Gelora Bung Karno mulai pagi hari dan diisi dengan konvoi keliling Jakarta. Ketua Umum PP IMI Nanan Soekarna bahkan telah memberi sinyalemen bakal bergabung bersama dalam pawai RFP itu. [Ikh/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support