Penggolongan SIM C Segera Berlaku, Pemilik SIM CII Bisa Bawa Semua Jenis Motor

Berita Otomotif

Penggolongan SIM C Segera Berlaku, Pemilik SIM CII Bisa Bawa Semua Jenis Motor

JAKARTA – SIM CII bisa diibaratkan sebagai ‘kasta’ teratas dari semua golongan SIM C. Pemiliknya kelak dianggap bisa mengendarai semua jenis motor.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana menerapkan aturan baru mengenai penggolongan SIM C mulai Agustus 2021. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 yang diterbitkan pada Februari lalu dan berlaku efektif mulai bulan depan.

Isi Perpol tersebut antara lain adalah penggolongan SIM C yang disesuaikan dengan kapasitas mesin sepeda motor yang dikendarai. Ada tiga kategori, yaitu SIM C untuk kapasitas mesin sampai 250 cc, SIM CI untuk kapasitas mesin 251-500 cc, dan SIM CII untuk kapasitas mesin di atas 500 cc.

Honda CBR250 RR

Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regindent Korlantas Polri AKBP Arief Budiman menjelaskan bahwa mereka yang sudah memenuhi syarat untuk memiliki SIM C2 nantinya bisa mengendarai semua jenis motor. Soalnya, pemilik SIM jenis ini dinilai sudah mampu mengendarai motor gede (moge/motor besar) yang dianggap membutuhkan kemampuan teknik sangat andal dibandingkan pengendara motor berkapasitas mesin menengah apalagi kecil.

“Saat punya golongan SIM paling tinggi, itu juga berlaku untuk golongan SIM di bawah-bawahnya,” ujar Arief dalam sosialiasi penggolongan SIM C ke komunitas Harley-Davidson yang ditayangkan di YouTube NTMC Channel beberapa waktu lalu.

Para warga yang sekarang memiliki SIM C tidak bisa langsung loncat ke SIM CII. Mereka harus memiliki SIM CI terlebih dahulu selama setahun, baru kemudian bisa mendaftar dan mengikuti ujian untuk memperoleh SIM CII.

Demikian pula orang-orang yang ingin mengurus kepemilikan SIM sepeda motor untuk pertama kalinya mulai Agustus mendatang. Mereka harus memulai dulu dari SIM C dan menunggu setahun untuk bisa naik ke SIM CI.

Di awal penerapan aturan, pemilik moge diberikan dispensasi untuk bisa mengendarai ‘kuda besi’ mereka hanya dengan SIM CI. Akan tetapi, setelah setahun, mereka wajib mengurus kepemilikan SIM CII. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar