Sekelompok Remaja Berkendara dalam 1 Mobil Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Panduan Pembeli

Sekelompok Remaja Berkendara dalam 1 Mobil Tingkatkan Risiko Kecelakaan

FLORIDA - Risiko terjadinya kecelakaan pada remaja akan meningkat drastis bila mereka memiliki pendamping seorang remaja pula.

Hal ini disampaikan dalam studi tentang kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja oleh American Automobile Association (AAA). Dari hasil studi tersebut ditemukan bahwa bila pengemudi remaja ditemani oleh remaja pula, maka risko kematian akibat kecelakaan akan meningat hingga 51 persen bila dibandingkan dengan pengemudi remaja mengemudi sendirian.

Mirisnya lagi, yang beresiko meninggal akibat kecelakaan tersebut tidak hanya pengemudi dan penumpangnya saja. Berdasarkan studi tersebut, resiko orang-orang di sekitar mereka seperti pejalan kaki dan pesepeda untuk menjadi korban juga meningkat cukup besar.

Jika melihat lebih dalam lagi, maka pengendara remaja yang menggunakan motor jauh lebih berisiko. Dampak kematian pada kecelakaan yang melibatkan pengendara dan penumpang remaja mencapai 56 persen lebih besar ketimbang berkendara sendiri.

Risiko kematian pengemudi mencapai 45 persen sementara pejalan kaki dan pesepeda 17 persen. Lebih lanjut, AAA juga menemukan bahwa risiko juga meningkat ketika malam hari serta saat mereka mengemudi terlalu kencang.

Untuk itu, AAA pun menyarankan untuk mencegah pengendara remaja berkendara berdua dengan remaja lain. Orang tua juga disarankan untuk tetap mendampingi pengendara remaja hingga setidaknya mereka telah mengemudi selama 100 jam.

AAA juga menegaskan agar pengemudi remaja didampingi oleh pengemudi yang lebih ‘matang’. Ini karena mereka menemukan risiko kecelakaan berkurang hingga menjadi 8 persen bila ada pengemudi berpengalaman yang mendampingi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support