Pengemudi Honda Jazz Ini Tak Perlu Menyetir dengan Tangan

Berita Otomotif

Pengemudi Honda Jazz Ini Tak Perlu Menyetir dengan Tangan

TOKYO – Guna mengakomodasi paran pelanggan yang memiliki keterbatasan (difabel), Honda mengenalkan Honda Jazz Hybrid dengan Franz System di Jepang.

Dengan Franz system maka orang-orang yang memiliki keterbatasan bisa mengemudikan mobil ramah lingkungan ini. Honda pun sengaja menempatkan sistem ini pada Honda Fit yang memiliki dimensi relatif kecil sehingga memiliki kemudahan dalam melakukan manuver.

Franz System sebenarnya bukanlah sistem baru. Sistem ini sudah ditemukan sejak tahun 1981. Honda kemudian menjual mobil dengan sistem ini pertama kali pada tahun 1982 dan langsung mendapat arahan dari Franz, sang penemu sistem ini.

Honda Jazz Hybrid

Franz system memungkinkan pengendara yang memiliki kekurangan untuk mengendalikan mobil sendiri tanpa harus menyentuh setir. Caranya adalah dengan mengayuh pedal di sebelah kiri sementara kaki kanan digunakan untuk menekan pedal gas dan rem. Nah, untuk membantu pengendara dalam pengereman, Honda pun menyediakan pedal rem untuk penumpang depan.

Honda Fit Hybrid with Franz System akan mulai dijual pada pertengahan Maret 2016.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support