Pengemudi Didenda Lebih dari Rp 6 Juta Karena Buang Rokok dari Mobil

Berita Otomotif

Pengemudi Didenda Lebih dari Rp 6 Juta Karena Buang Rokok dari Mobil

VICTORIA – Seorang pengemudi ditilang dan dikenakan denda sebesar CAD 575 atau setara Rp 6,1 juta karena membuang rokok  dari dalam mobil.

Di Kanada memang tidak ada larangan untuk merokok di dalam mobil, tapi bila membuang putung rokok yang masih menyata dari mobil, maka itu menjadi pelanggaran fatal. Terlebih bila sang pengemudi melakukannya di depan seorang polisi yang bertugas.

“Ada 575 alasan kenapa dilarang untuk membuang rokok dari jendela didepan @vicpdcanada. Kejadiannya terjadi di depan saat di tol. Ketika Saya tanyakan alasannya, pengemudi hanya menjawab ‘Saya tidak ingin mobil Saya terbakar’ sambil menunjuk ke cup holder. Saya pun meresponnya dengan ‘Maka jangan merokok di mobilmu,” ungkap Del Manak, Victoria Police Chief yang melakukan penilangan.

Postingan ini telah viral di Kanada dan tentunya diharapkan bisa memberikan nilai positif. Pasalnya, kegiatan yang Ia lakukan ini merupakan pelanggaran dari aturan terkait pembakaran. Tindakannya berpotensi menyebabkan kebakaran di lingkungan tersebut.

Larangan merokok di jalanan juga sebenarnya sudah diberlakukan di Indonesia namun untuk tujuan yang berbeda. Bukan untuk menghindari kebakaran namun lebih ke arah keselamatan berkendara di jalan.

Merokok dianggap sebagai sebuah kegiatan yang dapat mengurangi konsentrasi berkendara pengemudi. Larangan ini pun tidak hanya berlaku bagi pengendara sepeda motor tapi seluruh pengendara kendaraan, temasuk mobil dan truk.

Pengemudi yang diketahui berkendara sembari merokok terancam dikenai tilang dan denda sebesar Rp 750 ribu. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar