Pengemudi Diharapkan Waspadai Konsumsi Gula Saat Sahur

Berita Otomotif

Pengemudi Diharapkan Waspadai Konsumsi Gula Saat Sahur

JAKARTA – Mengonsumsi makanan dan minuman manis saat sahur ternyata bukanlah sesuatu yang disarankan khususnya bagi pengemudi kendaraan.

Hal ini karena gula yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat merupakan karbohidrat sederhana. Bila terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana justru hanya akan meningkatkan lemak dan membuat tubuh lemas. Kondisi tersebut tentu berbahaya bila Ia sedang melakukan aktivitas penting seperti mengemudi.

“Gula adalah karbohidrat sederhana yang cepat untuk meningkatkan gula darah tapi juga cepat membuat gula darah turun. Karbohidrat sederhana memang dapat cepat memberikan tenaga namun juga cepat hilangnya serta membuat lebih cepat haus, lemas dan mengantuk,” ungkap Okta Setya Asmaji, SGz, RD, Ahli Gizi RSUD Pasar Rebo.

Untuk itu Ia menyarankan untuk menjaga konsumsi makanan khususnya yang mengandung gula saat sahur dan berbuka puasa. Ia lebih menyarankan makanan yang tidak mengandung gas, asam dan pedas untuk dikonsumsi.

“Sedangkan saat berbuka, jangan terlalu banyak mengonsumsi manis. Gula cukup dari teh manis yang diminum setelah air putih. Buah Kurma juga disarankan karena merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serat sehingga cocok untuk digunakan sebagai makanan berbuka puasa,” tambah Okta.

Khusus untuk berbuka puasa, Ia menyarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat melainkan didahului dengan camilan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari lambung ‘kaget’ karena harus langsung mencerna makanan berat.

“Seharian lambung kosong tiba-tiba langsung makan makanan berat. Akibatnya dapat menyebabkan muntah, asam lambung meningkat dan sebagainya. Jadi sebaiknya dimulai dengan camilan agar lambung beradaptasi lebih dahulu,” tutupnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual