Pendapatan Usaha PT Jasa Marga Naik 9,8 Persen

Berita Otomotif

Pendapatan Usaha PT Jasa Marga Naik 9,8 Persen

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, berhasil membukukan membukukan pendapatan usaha di luar pendapatan konstruksi sebesar Rp 1,77 triliun. Pendapatan usaha ini merupakan kombinasi dari Pendapatan Tol sebesar Rp 1,66 triliun dan pendapatan usaha lainnya Rp 119 miliar.

Pendapatan tol berhasil meningkat sebesar 8,7% atau sebesar Rp 1,66 Triliun dari periode yang sama tahun lalu. Jumlah ini disebabkan meningkatnya volume lalu lintas pada kuartal I 2014 sebesar 309,97 juta kendaraan menjadi 324,26 juta kendaraan pada Kuartal I 2015. Pendapatan usaha lain meningkat sebesar 27,5% dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu pendapatan konstruksi pada kuartal I 2015 mencapai Rp 195,08 miliar. Jumlah ini lebih rendah dari Kuartal I 2014 yang mencapai Rp 462,33 miliar. Penurunan ini diakibatkan sebagian besar aktivitas konstruksi ruas-ruas baru yang akan dioperasikan tahun ini telah terlaksana pada tahun lalu

Pada aspek beban, khususnya beban keuangan, meningkat sebesar 25% yaitu dari Rp 263,50 Miliar menjadi Rp 330,13 miliar. Hal ini seiring dengan investasi Jasa Marga dalam merealisasikan ruas-ruas tol baru, khususnya 3 Ruas Tol yang akan dioperasikan pada tahun ini yaitu Ruas Gempol-Pandaan, Ruas Gempol-Pasuruan Seksi Gempol-Rembang dan Ruas Surabaya-Mojokerto Seksi Krian-Mojokerto.

Selain beban keuangan, beban depresiasi dan amortisasi juga meningkat cukup tinggi yaitu dari Rp 189,59 miliar menjadi Rp 223,86 miliar. Hal ini juga sejalan dengan telah selesainya investasi pembangunan jalan tol baru.

“Peningkatan yang signifikan pada kedua beban tersebut, menggambarkan besarnya nilai ekspansi yang dilakukan Jasa Marga untuk pertumbuhan jangka panjang, tercermin dari total aset pada Kuartal I tahun 2014 sebesar Rp 29,17 Triliun menjadi Rp 31,69 Triliun,” ujar Reynaldi Hermansjah, selaku Direktur Keuangan PT Jasa Marga.

Ditambahkan Reynaldi, di tengah kondisi ekspansi yang menyebabkan kenaikan beban-beban, Jasa Marga masih mampu mempertahankan pertumbuhan EBITDA dari Rp 958,93 Miliar pada Kuartal I 2014 menjadi Rp 997,61 Miliar pada Kuartal I 2015 yang mencerminkan pertumbuhan pendapatan dari aktivitas Perseroan.

Ekspansi Ruas-Ruas baru Perseroan

Dengan diakusisinya Ruas Tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono maka sampai dengan Kuartal I tahun 2015, Perseroan telah mengantongi konsesi sepanjang 977 km dengan harapan pada akhir tahun 2015 akan mencapai lebih dari 1.000 km. Saat ini Perseroan sedang dalam proses akuisisi beberapa ruas tol lainnya.

Pada tahun ini Perseroan menargetkan pengoperasian 3 Ruas Tol baru (Ruas Gempol-Pandaan, Ruas Gempol-Pasuruan Seksi Gempol-Rembang dan Ruas Surabaya-Mojokerto Seksi Krian-Mojokerto) sepanjang 63,78 km sehingga secara total pada tahun 2015 Perseroan akan mengoperasikan sepanjang 639,63 km. (Adi/Ikh)

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support