Pencurian Mobil Meningkat Justru Karena Kelakuan Konyol Para Pemiliknya

Berita Otomotif

Pencurian Mobil Meningkat Justru Karena Kelakuan Konyol Para Pemiliknya

NEW YORK - Pencurian mobil dilaporkan meningkat di Amerika Serikat justru karena kelakuan konyol para pemiliknya.

Sistem keamanan mobil-mobil saat ini sudah sangat canggih, nyaris sulit ditembus oleh maling-maling apalagi bagi mereka yang kelas amatiran. Fitur-fitur seperti alarm, immobilizer hingga micro chip dengan rolling code di smart key atau dikenal juga dikenal bernama kunci fob.

Tercatat, saat sistem keamanan mobil makin canggih, jumlah pencurian relatif menurun. Di Amerika Serikat pada 1990, rata-rata dilaporkan 657.8 mobil dicuri per 100 ribu penduduk. Dan pada 2019 jumlahnya menuruh lebih dari 50 persen menjadi 219.9 mobil dicuri per 100 ribu penduduk.

Namun belakangan mendadak terjadi lonjakkan pencurian mobil. Yang menarik ini terjadi bukan karena para pencuri makin canggih untuk menjebol sistem keamanan mobil, namun lebih karena kecerobohan para pemiliknya.
 
Menurut laporan New York Times, dari statistik kejahatan di New York pada 5 Desember 2020, 11 mobil dicuri saat ditinggalkan dalam keadaan mesin hidup sementara ada 6 karena smart key ditinggalkan dalam mobil.

Pencurian mobil meningkat
Kejadian yang sama terjadi dibeberapa kota besar di Amerika Serikat termasuk Los Angeles. Di wilayah pesisir barat, mobil dicuri bukan karena para pencuri makin canggih melainkan karena ulah konyol para pemilik mobil.

Yang juga menarik dilaporkan petugas kepolisian di Hartford, Connecticut. Mereka setidaknya berhasil menemukan 5 mobil yang dicuri setiap hari dan ternyata masih dalam kondisi tanpa cacat.

Mobil-mobil curian tersebut masih dalam keadaan utuh, tak ada satu sparepart pun dilucuti. Mungkin ini ulah orang-orang iseng karena menemukan mobil ditinggalkan dalam keadaan menyala atau kunci yang tergeletak di ruang interior.

"Ini masalah yang sangat bodoh, sistem keamanan mobil tercanggih di dunia pun tidak akan berguna jika pemilik tidak menggunakannya malah meninggalkan mobilnya dalam keadaan menyala," kata pejabat Kepolisian Hartford.

Para pencuri ini tampak hanya ingin berjalan-jalan, beberapa ditemukan sedang bersenang-senang bersama sambil menghisap ganja. Setelah selesai mobil ditinggalkan begitu saja dipinggir jalan.

Kejadiannya mirip yang dialami Richard Rawling, pemilik Gas Monkey Garage, bintang reality TV modifikasi mobil Fast N' Loud. Ia sempat kehilangan Dodge Challenger Hellcat yang kemudian ditemukan terparkir dalam keadaan bensin habis dan di ruang interiornya tercium sisa-sisa aroma ganja.

Untuk mengingatkan dan meningkatkan kewaspadaan pemilik mobil kepolisian New York merilis video layanan masyarakat. Dalam video tampak seorang pria tampak kehilangan Audi Q5 plus anjing kesayangannya yang masih ditinggal di mobil. Pria tersebut teledor, meninggalkan mobil dalam keadaan menyala untuk membeli makanan anjingnya tersebut dan dalam sekejap mata mobilnya dibawa kabur pencuri.

Jadi ingat, waspadalah. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar