Penampakan Mobil Kawin Silang Mitsubishi Xpander dengan Toyota Limo

Berita Otomotif

Penampakan Mobil Kawin Silang Mitsubishi Xpander dengan Toyota Limo

JAKARTA – Bagaimana jika sedan dan multi purpose vehicle (MPV) dikawinkan menjadi satu mobil? Hasilnya mungkin bisa tergambar dari mobil hasil kawin silang antara Mitsubishi Xpander dengan Toyota Limo ini.

Ide nyeleneh tersebut datang dari YouTuber Bapak Mustofa Kepala Jenggot. Menurutnya, ide mengawinkan keduanya sudah ada sejak 2018, tapi baru terealisasi sekarang setelah bertemu dengan orang yang ia sebut sebagai ‘Pakde Budi’ dari Bengkel Padang Jawa yang berlokasi di Meruya Utara, Jakarta Barat.

“Baru kemarin kita ketemu, langsung dibikin,” ucap dia dalam video yang tayang perdana pada Sabtu (21/11/2020) kemarin.

Menurutnya, karya modifikasi unik dari Pakde Budi dan bengkel tersebut sudah banyak. Ada Toyota Vios berkelapa Toyota Yaris, Daihatsu Xenia lawas yang disulap menjadi Toyota Avanza Veloz versi facelift 2019, serta Kia Rio yang dipermak menjadi mirip Toyota Yaris.

Kawin silang Xpander dengan Limo—versi taksi dari sedan Vios—sendiri benar-benar baru masuk tahap awal. Dalam video, terlihat bahwa bagian fascia depan Limo dipotong dan diganti dengan milik Xpander.

“Ini baru 30 persen,” ucap Pakde Budi.

Keempat bannya sudah diganti pula dengan milik Xpander. Untuk melakukan ini, ia mengaku harus mengubah antara lain sasis, fender, bemper, dudukan lampu.

Agar ‘muka’ Xpander bisa menyatu dengan bodi Vios, Pakde Budi memberikan sambungan tambahan. Pasalnya, kap milik Xpander terlalu pendek.

Keempat sisi fender pun diberikan rocket bunny body kit. Soalnya, ban Xpander lebih lebar daripada milik Vios.

“Lebih dari 10 cm,” kata Pakde Budi soal lebar ban.

Ia mengaku bahwa proyek kawin silang Xpander – Limo ini amat sulit. Waktu yang ia perlukan bisa cukup lama.

“Lebih dari sebulan,” tandasnya.

Mesin mobil nantinya tetap menggunakan komponen orisinil milik Limo. Adapun warna bodi belum mereka tentukan.

“Ini masih bingung mau dikasih warna apa. Kalau mau kasih ide, langsung di (kolom) komentar saja,” sebut YouTuber Bapak Mustofa Kepala Jenggot lagi yang punya lebih dari 700 ribu subscriber ini.

Menarik menyaksikan bagaimana jadinya hasil dari kawin silang Xpander – Limo tersebut nantinya. Mari kita tunggu saja. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar