Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah: Perlu Cara Cerdas untuk Atur Transportasi Nasional

Berita Otomotif

Pemerintah: Perlu Cara Cerdas untuk Atur Transportasi Nasional

JAKARTA - Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan menyadari ada banyak tantangan di Indonesia terkait transportasi publik. Dia pun membedah problema otomotif Tanah Air terkait transportasi publik. 

Jonan  menjadi key speaker dalam forum talkshow bertajuk  Smart Technology Solution for Smart Transport yang digagas Dyandra Promosindo pada Kamis (20/8) di sela-sela penyelenggaraan IIMS 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bersama Jonan tampil juga pembicara dari PT Telkom, Terralogiq, Uber dan Grab Taxi, serta Bik-Bikesshare yang mengetengahkan teknologi masing-masing dalam peran serta menanggulangi problem transportasi berbasiskan teknologi. 

Menteri Perhubungan mengakui memang perlu cara cerdas untuk mengatur transportasi nasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang terus bergulir. 

Karena itu ia menyambut kehadiran ojek sepedamotor dan taksi plat hitam berbasiskan aplikasi yang kini tengah ngetren.

“Itu proses bisnis, private to private reservation. Betul itu belum diatur dalam regulasi kita dan perlu diatur khususnya roda-empat. Motor kan tidak mungkin dibikin plat kuning," kata Jonan.

"Tapi, ini adalah contoh cerdas pemanfaatan teknologi untuk transportasi. Pemerintah sendiri akan menerapkan Automatic Traffic System (ATS). Itu sudah disiapkan dan saya kira ini adalah smart solution dari pemerintah untuk dikedepankan,” lugasnya.

Terobosan-terobosan cerdas itu bisa datang dari mana saja, pihak pemerintah maupun swasta dengan sistem dan perangkat teknologi yang mereka miliki. Dinamika itu harus diwadahi karena lebih efisien dan simpel.

“Contohnya begini, dulu Menteri Perhubungan memantau situasi mudik lebaran dari atas helikopter. Sekarang ada cara yang lebih cerdas dengan memanfaatkan teknologi drone."

"Fungsinya sama, pemantauan dari udara. Tapi, penggunaan drone itu jauh lebih murah. Aman pula dari kemungkinan helinya jatuh dan menterinya meninggal,” canda Jonan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang