Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah: Esemka Jangan Bersaing dengan Produsen Global

Berita Otomotif

Pemerintah: Esemka Jangan Bersaing dengan Produsen Global

JAKARTA - Lama tak terdengar kabarnya, pemerintah mengatakan kalau mereka mendorong perkembangan Esemka. Menteri Perindustrian Saleh Husin menyarankan agar Esemka tidak bersaing dengan produsen global.

Menurut Saleh, mobil Esemka lebih baik diarahkan untuk menjadi angkutan pedesaan atau perkebunan. Jangan bersaing dengan produsen global karena persaingan di segmen itu tentu akan sangat sengit dan berdara-darah.

"Mobil Esemka ini bisa untuk angkutan pedesaan. Produsennya kami dorong agar tidak bersaing dengan produsen global, tapi lebih ke alat angkut pedesaan atau perkebunan. Tentu kita dorong," katanya.

Hanya saja bila sampai saat ini Esemka tidak ada pergerakan, itu menurut Saleh bukan domain pemerintah. Karena mungkin saja pihak Esemka tengah berhitung dengan cermat terkait berbagai aspek.

Esemka sendiri sudah digandeng oleh PT Adiperkasa Citra Esemka, sebuah perusahaan milik Abdullah Mahmud Hendropriyono yang kemudian menjalin kerja sama dengan Proton Holding Berhad (Malaysia) untuk pengembangan proyek otomotif. 

Namun, meski Esemka adalah brand nasional, pemerintah menurut Saleh tidak bisa memproteksi merek ini mengingat dunia sudah masuk dalam perdagangan bebas. "Kan tidak boleh kita proteksi," lugasnya. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang