Pemerintah: Esemka Jangan Bersaing dengan Produsen Global

Berita Otomotif

Pemerintah: Esemka Jangan Bersaing dengan Produsen Global

JAKARTA - Lama tak terdengar kabarnya, pemerintah mengatakan kalau mereka mendorong perkembangan Esemka. Menteri Perindustrian Saleh Husin menyarankan agar Esemka tidak bersaing dengan produsen global.

Menurut Saleh, mobil Esemka lebih baik diarahkan untuk menjadi angkutan pedesaan atau perkebunan. Jangan bersaing dengan produsen global karena persaingan di segmen itu tentu akan sangat sengit dan berdara-darah.

"Mobil Esemka ini bisa untuk angkutan pedesaan. Produsennya kami dorong agar tidak bersaing dengan produsen global, tapi lebih ke alat angkut pedesaan atau perkebunan. Tentu kita dorong," katanya.

Hanya saja bila sampai saat ini Esemka tidak ada pergerakan, itu menurut Saleh bukan domain pemerintah. Karena mungkin saja pihak Esemka tengah berhitung dengan cermat terkait berbagai aspek.

Esemka sendiri sudah digandeng oleh PT Adiperkasa Citra Esemka, sebuah perusahaan milik Abdullah Mahmud Hendropriyono yang kemudian menjalin kerja sama dengan Proton Holding Berhad (Malaysia) untuk pengembangan proyek otomotif. 

Namun, meski Esemka adalah brand nasional, pemerintah menurut Saleh tidak bisa memproteksi merek ini mengingat dunia sudah masuk dalam perdagangan bebas. "Kan tidak boleh kita proteksi," lugasnya. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support