Amerika Serikat Serius Sambut Masa Depan dengan Mobil Otonom

Berita Otomotif

Amerika Serikat Serius Sambut Masa Depan dengan Mobil Otonom

CALIFORNIA - Amerika Serikat melalui National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menerbitkan laporan berjudul Automated Vehicles 3.0: Preparing for the Future of Transportation (Mobil Otonom 3.0 : Mempersiapkan transportasi masa depan).

Dalam laporannya, disampaikan panggilan agar melakukan proyek percontohan dan mengumpulkan komentar masyarakat terkait mobil otonom. Tujuannya tentu saja untuk mensosialisasikan mobil otonom serta menyadarkan masyarakat tentang keamanan mobil.

Lebih detail lagi, NHTSA berencana menawarkan produsen mobil pilihan lebih banyak terhadap lokasi terbuka yang ingin dipilih guna melakukan pengujian kendaraan otonom. Produsen juga akan diberi kemudahan untuk jenis teknologi yang akan disematkan dalam teknologi mobil otonom tersebut.

Setelah mengumpulkan seluruh data dari para produsen mobil, NHTSA akan melakukan penelitian nasional untuk menguji mobil otonom. Namun poin tersebut, belum disampaikan keperluan, biaya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

“NHTSA bersiap untuk memberikan informasi yang dibutuhkan sehingga memudahkan sektor publik dan swasta agar dapat mewujudkan janji-janjinya serta mengatasi tantangan mobil otonom,” ungkap lembaga tersebut dalam laporannya.

NHTSA memandang bahwa saat ini mobil otonom merupakan salah satu solusi paling jitu guna meningkatkan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, mereka sangat bersemangat agar dapat mengaplikasikan teknologi tersebut di jalan raya.

Sayang saat ini, sangat sedikit lokasi di dunia untuk dapat mengujicoba otonom apalagi digunakan masyarakat umum. Meski demikian NHTSA sadar bahwa agar dapat benar-benar mengaplikasikannya adalah dengan menyediakan aturan yang kuat terkait teknologi tersebut. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar