Pemerintah akan Pantau Kendaraan ODOL selama 24 Jam

Berita Otomotif

Pemerintah akan Pantau Kendaraan ODOL selama 24 Jam

JAKARTA – Pemerintah akan semakin meningkatkan pengawasan terhadap kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL).

Peningkatan pengawasan ini dilakukan sebagai bagian dari cita-cita pemerintah untuk menciptakan jalanan yang bebas dari kendaraan ODOL pada tahun 2023. Pengawasan dan penindakan dilakukan sejak tahun ini secara bertahap.

“Kenapa kami sudah mulai lakukan tindakan sejak sekarang? Karena kami sadar bahwa ini bukan sulap pada tahun 2023, ODOL langsung hilang. Harus kami sosialisasikan dari sekarang, kami beri waktu pemilik truk untuk memotong kendaraan dan sebagainya. Ini memang perlu waktu,” ungkap Muhammad Rizal Wasal, Direktur Pembinaan Keselamatan Kementerian Perhubungan Darat.

Ia pun menambahkan bahwa sedikitnya perlu waktu 2 minggu bagi perusahaan untuk memotong kendaraannya agar sesuai regulasi. Inilah salah satu pertimbangan yang membuat Pemerintah melakukan sosialisasi dari awal.

Tak hanya itu, Pemerintah juga akan melakukan pelarangan disejumlah ruas jalan mulai tanggal 9 Maret 2020. Pelarangan akan dilakukan untuk ruas tol Jakarta Bandung dan sebaliknya dengan pengawasan dilakukan selama 24 jam.

Dengan pelarangan ini maka Pemerintah berharap agar tingkat keselamatan di jalan bisa menjadi lebih baik. Kondisi jalan juga diharapkan bisa lebih awet dibandingkan sebelumnya karena tidak ada kendaraan yang terlampau berat.

Sementara itu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menegaskan bahwa pihaknya siap melaksanakan regulasi tersebut. Mereka telah menyediakan beragam model kendaraan yang bisa dipilih oleh pelanggannya di Indonesia tanpa harus dimodifikasi lebih banyak.

Tak hanya itu, IAMI juga sudah memastikan bahwa seluruh kendaraannya sudah bisa menenggak Biodiesel B30. Ini sudah sesuai dengan aturan Pemerintah terkait penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Diharapkan dengan adanya aturan-aturan baru tersebut, masyarakat bisa lebih diuntungkan dibanding sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar