Pemda Belum Pikirkan Regulasi Terkait Ojek

Berita Otomotif

Pemda Belum Pikirkan Regulasi Terkait Ojek

JAKARTA – Kementerian Perhubungan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengeluarkan regulasi terkait ojek konvensional dan online. 

Meski Kementerian Perhubungan tidak mengeluarkan regulasi terkait ojek konvensional dan online, namun Kemenhub berharap Pemerintah Daerah (Pemda) akan mengeluarkan aturan secara lokal.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo dalam siaran pers yang dirilis oleh Kemenhub. Beliau mencontohkan andong di Yogyakarta yang tidak ada Undang-undangnya namun tetap diatur melalui aturan lokal.

“Secara lokal, pemerintah daerah dan polisi setempat bisa mengatur ojek pangkalan dan ojek online secara tersendiri, contohnya seperti andong di Malioboro tidak diatur dalam undang-undang tapi ada aturan lokal,” jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengakomodir ojek konvensional maupun onlie sebagai angkutan umum resmi. Hal ini dikarenakan tingginya resiko pada masyarakat dan tidak menguntungkan sistem transportasi umum.

Ojek menggunakan sepeda motor roda 2 dari konstruksi tidak stabil yang rentan kecelakaan sebagai angkutan umum dan tidak ramah cuaca. Dalam sistem transportasi, semakin kecil kendaraannya semakin besar biaya yang ditanggung masyarakat. Terhadap sistem transportasi, semakin banyak kendaraan kecil beroperasi di jalan menyebabkan kemacetan karena ruang jalan yang digunakan tidak efektif.

Tak hanya itu, Sugiharto menanggapi peristiwa antara angkot dan ojek onlie beberapa waktu lalu. Ia menyatakan bahwa pihak Kepolisian dan pemerintah daerah agar menangani hal tersebut secara persuasif serta menghimbau agar semua pihak dapat menahan diri. Ia menegaskan baik angkutan umum konvensional maupun angkutan berbasis online harus mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Baik angkutan umum konvensional maupun angkutan berbasis online harus mengutamakan pelayanan kepada pelanggan dan kepentingan masyarakat,” tegas Sugihardjo. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual