Pemberlakuan Ganjil-Genap di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Berita Otomotif

Pemberlakuan Ganjil-Genap di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

BEKASI -  Pemerintah akan memperpanjang aturan penerapan ganjil-genap dan pembatasan angkutan barang.

Sebelumnya, pembatasan ini hanya berlaku pada pukul 06.00 s.d 09.00 WIB. Kini pembatasan tersebut akan dilangsungkan pada pukul 05.00 s.d 10.00 WIB. Diharapkan dengan penambahan waktu ini akan memberi dampak positif terhadap kelancaran lalu lintas tol Jakarta-Cikampek.

Hindro Surahmat, Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengatkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi. Rencananya, aturan ini baru akan dilangsungkan ada bulan Desember mendatang.

Untuk mendukung program tersebut, BPTJ telah menyiapkan sejumlah angkutan massal yaitu bus premium. Bis ini akan menjadi transportasi pilihan selain kendaraan pribadi bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Jakarta.

Kebijakan ini sejalan dengan tiga paket kebijakan yang telah berlaku sebelumnya di GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur sejak Maret 2018 lalu. Artinya, kebijakan ganjil-genap di pintu tol, pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V, serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 – 09.00 WIB dan tak berlaku pada hari libur nasional.

Tak berhenti di sana, BPJT akan melakukan beberapa upaya lain untuk membuat arus lalu lintas menjadi lebih lancar. Salah satunya adalah dengan melaukan penindakan terhadap kendaraan truk yang over dimensi dan over loading (ODOL).

Tol Jakarta-Cikampek saat ini memang mengalami kemacetan parah akibatnya banyaknya pembangunan infrastruktur yang memakan jalur. Pemerintah pun akhirnya memutuskan untuk menunda pembangunan di lokasi tersebut guna membuat jalan menjadi lebih lancar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar