Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Pembeli Mobil Saat Pandemi Tajir, SUV Rp 200-300 Juta Paling Dilirik

Berita Otomotif

Pembeli Mobil Saat Pandemi Tajir, SUV Rp 200-300 Juta Paling Dilirik

JAKARTA – Pembelian mobil di Indonesia selama masa pandemi virus Corona (Covid-19) dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan finansial relatif kuat. Salah satu segmen kendaraan, sport utility vehicle (SUV) Medium, akhirnya naik daun dan menjadi yang paling dilirik sementara ini.

Pandemi menerpa Indonesia sejak awal Maret 2020. Musibah ini kemudian meruntuhkan daya beli masyarakat sehingga berpengaruh amat negatif kepada penjualan mobil baru.

Penjualan retail mobil baru Januari - Mei 2020 secara keseluruhan turun 40 persen year on year menjadi 260.716 unit. Adapun penjualan wholesales mobil untuk semua merek turun 41 persen menjadi 248.310 unit.

“Sekarang, di zaman pandemi ini, orang-orang yang membeli mobil benar-benar yang tak hanya butuh tapi juga punya uang,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) dalam paparan pasar otomotif Januari – Mei 2020, belum lama ini secara virtual.

Semua segmen kendaraan mengalami penurunan volume penjualan. Namun, terdapat perubahan komposisi pada beberapa segmen, baik kenaikan maupun penurunan, karena faktor di atas.

Penguatan kontribusi SUV Medium adalah yang paling ia sorot. Kontribusinya, yang pada Januari dan Februari masih 12,3 persen dan 11,5 persen, naik menjadi di atas 14 persen sejak Maret menurut data internal Daihatsu.

Terakhir, pada Mei kemarin, model-model SUV Medium menyumbang 14,7 persen dari total penjualan mobil baru. Bahkan, kontribusinya selama lima bulan pertama mengalahkan segmen terpopuler di Tanah Air yaitu multi purpose vehicle (MPV) Low yang diisi Toyota Avanza dan kawan-kawan yang sekarang hanya menyumbang 13 persen dari total penjualan roda empat.

“Kenaikannya cukup signifikan,” tandas Hendrayadi.

Sebagai informasi, SUV Medium merupakan segmen yang umumnya diisi oleh model-model di kisaran harga Rp 300 juta-an. Contohnya adalah Honda HR-V—khususnya yang bermesin 1.8-liter—serta Wuling Almaz 5-seater.

Baru beberapa tahun belakangan muncul juga model-model dengan harga on-the-road Jakarta terbawah lebih rendah dari Rp 300 juta. Misalnya saja adalah Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580, Wuling Almaz 7-seater, maupun Kia Seltos.

Akhirnya, varian-varian teratas dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang sesungguhnya ada di segmen SUV Low pun bersenggolan dengan segmen SUV Medium. Data internal Daihatsu sendiri mengategorikan keduanya termasuk ke dalam SUV Medium.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebagai asosiasi resmi yang menaungi merek-merek global di Nusantara, telah memperkirakan penjualan mobil pada 2020 adalah 600 ribu unit atau turun sekitar 40 persen ketimbang 2019. Padahal, sebelum pandemi, perkiraan mereka adalah 1,050 juta unit—tak jauh berbeda dari tahun lalu yang sebesar 1,030 juta unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar