Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pembeli Honda HR-V di Indonesia Harap Sabar, Produksinya Tersendat Lagi

Berita Otomotif

Pembeli Honda HR-V di Indonesia Harap Sabar, Produksinya Tersendat Lagi

JAKARTA – Produksi dan suplai All New Honda HR-V ke para konsumen di Indonesia terganggu lagi hingga akhir 2022.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy meminta maaf kepada para pembeli All New HR-V. Soalnya, pasokan cip semikonduktor untuk model rakitan lokal yang meluncur Maret 2022 tersebut tersendat lagi hingga akhir tahun ini, sehingga berdampak pada volume produksi maupun distribusinya.

“Varian-varian HR-V pada bulan ini dan bulan depan cukup terdampak pasokan cip semikonduktor. Biasanya, kami bisa memproduksi 3.500 unit (per bulan). Ini hanya sekitar 1.500 unit. Jadi, mohon maaf bagi para konsumen yang harus menunggu lagi,” beber dia ketika ditemui pada 2 November di Jakarta usai peluncuran Honda WR-V.

Beberapa tahun terakhir, di tengah pandemi Covid-19, produksi maupun penjualan mobil Honda di Indonesia diketahui sangat terdampak keterbatasan cip semikonduktor. Ini terjadi pada semua model mereka, termasuk yang terbaru seperti All New HR-V.

Honda HR-V terbaru 2022

Permasalahan ketersediaan komponen All New HR-V diperumit lagi oleh proses produksi yang lebih lambat untuk opsi warna Ignite Red Mettalic maupun Sand Khaki Pearl yang two-tone (dua nada warna). Alhasil, inden yang sudah relatif lama menjadi makin lama bagi warna-warna itu.

“(Inden) HR-V sekarang sekitar tiga bulan. Lalu, yang two-tone bisa empat sampai lima bulanan,” lontar Billy.

“Ada laporan dari diler di Pulau Jawa bahwa 30 persen konsumen dari warna-warna itu tidak mau mengubah pilihannya,” lanjut dia.

Honda HR-V terbaru 2022

Pada awal 2023, produksi plus pengiriman All New HR-V ke pasar diproyeksikan membaik. Selain karena kabar pasokan cip lebih banyak dari prinsipal, Honda juga akan merilis opsi Ignite Red Metallic serta Sand Khaki Pearl versi monotone (satu warna).

“Tahun depan, kami sediakan monotone-nya. Jadi, konsumen yang fanatik dengan warna tersebut bisa dapat lebih cepat karena pada Januari pasokan cip semikonduktor untuk HR-V sudah mulai terlihat stabil,” papar Billy.

Ketika baru mengaspal, harga on the road (OTR) Jakarta All New HR-V dimulai dari Rp355,9-499,9 juta bagi (S CVT, E CVT, SE CVT, Turbo RS). Per November 2022, menurut situs resmi Honda Indonesia, rentang harganya sudah menjadi Rp364,9-515,9 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang