Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Siap Berperasi

Berita Otomotif

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Siap Berperasi

PANDAAN – Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2) sepanjang 4,75 Km telah rampung 100% sejak akhir September 2019 dan diharapkan dapat beroperasi pada bulan ini.

Saat ini, seksi 4 tersebut masih dilakukan uji laik oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). uji laik dilakukan untuk memastikan keamanan jalan terpenuhi. Pengujiannya sendiri mencakup guard rail (pagar pengaman jalan), marka, rambu, penerangan jalan umum (PJU) hingga konstruksi secara keseluruhan.

“Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2) sudah dinyatakn lulus uji laik. Kami harapkan dalam waktu dekat, Surat Keputusan (SK) operasi dan tarifnya segera keluar agar dapat segera digunakan oleh masyarakat di bulan ini,” ungkap Agus Purnomo, Direktur Utama PT JPM.

Sementara itu untuk seksi 5 yang membentang dari Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang) diharapkan bisa dipercepat pembangunannya. Hal ini karena jalan tol yang memiliki panjang 3,11 km tersebut sudah rampung sebesar 76,040% pada akhir September 2019. Hal ini disampaikan oleh Sapto Amal Damandari, Komisaris Utama Jasa Marga.

“Untuk Seksi 5 (Pakis-Malang) diharapkan dapat beroperasi secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik pada libur Natal dan Tahun Baru tahun ini. Mudah-mudahan, jalan tol ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa Timur,” terangnya.

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,488 km. Pembangunannya dibagi dalam lima seksi. Tiga seksi sudah diresmikan Presiden pada 13 Mei 2019. Ketiga seksi itu adalah Seksi 1 (Pandaan-Purwodadi) sepanjang 15,475 km, Seksi 2 (Purwodadi-Lawang) 8,05 km, dan Seksi 3 (Lawang-Singosari) 7,10 km. Sementara itu, Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2) sepanjang 4,75 Km dan Seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,11 Km masih dalam tahap penyelesaian. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support