Peluncuran Mobil Baru Kia di Indonesia pada Akhir 2020 Terancam Batal

Berita Otomotif

Peluncuran Mobil Baru Kia di Indonesia pada Akhir 2020 Terancam Batal

JAKARTA – Kia mempertimbangkan ulang lagi rencana peluncuran mobil baru kedua mereka di Indonesia pada akhir 2020.

Setelah bangkit dari ‘mati suri’ dan merilis Seltos pada Januari silam, merek asal Korea Selatan tersebut tadinya ingin memperkenalkan sebuah model anyar lagi dengan memanfaatkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Serpong, Tangerang pada akhir Oktober. Namun, pameran itu akhirnya batal karena pandemi virus Corona (Covid-19) dan diganti pameran berskala lebih kecil, Jakarta Auto Week, pada 21 – 29 November di Senayan.


Eksekutif agen pemegang merek Kia menegaskan bahwa pihaknya pasti bakal mengikuti pameran pengganti GIIAS 2020. Mereka juga berharap masih bisa merilis model baru di sana.

“Kami masih berkomitmen untuk berpartisipasi di acara tersebut dan mudah-mudahan pada waktu itu kami juga bisa perkenalkan model baru dari Kia yang kami ingin pasarkan di Indonesia,” ucap Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha dalam Diskusi Forum Wartawan Otomotif (Forwot) beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, ada kemungkinan rencana ini terpaksa mereka mundurkan. Pertimbangan pertama adalah melihat skala pameran yang jauh lebih kecil daripada GIIAS 2020 serta momentum pelaksanaannya yang teramat mepet ke penghujung tahun. Bisa jadi, Kia memutuskan untuk fokus pada strategi hard sales dan menghabiskan stok kendaraan.


“Kalau sudah hard sales, kami harus mulai pikirkan dan perbanyak program-program penjualan yang menarik, yang menjual, dan membantu menghabiskan stok kami sekarang,” tandasnya.

Pertimbangan lainnya adalah pertimbangan terhadap kondisi pandemi saat pameran berlangsung serta atensi masyarakat. Pasalnya, kondisi penularan virus Corona saat ini masih menunjukkan tren meningkat.

“Kami juga sangat-sangat belum tahu, soal keramaian bagaimana. Protokol (kesehatan di pameran) bagaimana. Mengatur jaga jaraknya antara kami dengan pengunjung bagaimana. Beberapa merek pun akhirnya lakukan peluncuran virtual karena mobilnya memang sudah harus diekspose,” papar Ario.

Dalam kondisi seperti sekarang, lanjutnya, semua bisa berubah dalam waktu cepat. Ia sendiri belum bisa mengatakan mana kemungkinan yang paling besar, tetap meluncurkan atau tidak.

“Semua keputusan saat ini menjadi sangat-sangat dinamis,” tegasnya.

Kia kini menjual lima model yaitu Seltos, Picanto, Rio, Grand Sedona, plus K-27. Mereka juga sedang menjalani uji jalan calon SUV murah Sonet di Pulau Jawa, dengan kemungkinan peluncuran 90 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar