Pelumas Ber-SNI akan Untungkan Masyarakat

Berita Otomotif

Pelumas Ber-SNI akan Untungkan Masyarakat

BEKASI – Diwajibkannya pelumas untuk bersertifikat SNI diklaim Pemerintah akan menguntungkan masyarakat.

Hal ini karena masyarakat akan mendapatkan pelumas dengan kualitas yang lebih terjaga dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, pada akhirnya konsumen sendirilah yang akan diuntungkan dengan aturan tersebut.

“Jelas akan melindungi masyarakat dengan kualitas produk yang terjamin sesuai dengan standard. Standard ini kan juga mengikuti standard international,” ungkap Achmad Sigit Dwiwahjono , Direktur Jendral Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Ia pun menambahkan bahwa meski pelumas impor yang masuk ke Indonesia sudah memiliki standard di negara pembuatnya, untuk masuk ke Indonesia maka oli-oli tersebut tetap harus lulus sertifikat SNI. Hal ini untuk menjaga kualitas pelumas di Indonesia.

“Ini (sertifikat SNI) untuk menjamin masyarakat agar mendapat pelumas yang sesuai dengan standard kualitas di Indonesia,” tambahnya.

Pemerintah berencana untuk mewajibkan pelumas yang dijual di Indonesia agar memiliki sertifikasi SNI. Beberapa langkah untuk mewujudkan hal ini sudah dilakukan, termasuk dengan melaporkan kebijakan tersebut ke World Trade Organization (WTO).

Melihat keseriusan Pemerintah dalam melakukan pengetatan aturan ini, PT Shell Lubricants Indonesia pun berinisiatif untuk mendaftarkan diri agar mendapat sertifikasi SNI. PT Shell Lubricants Indonesia pun berhasil lulus uji dan berhak untuk melabeli pelumasnya dengan SNI.

Kebijakan kewajiban SNI ini saat ini masih belum rampung, namun diperkirakan akhir 2018 aturan tersebut sudah dapat digalakkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual