Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pelumas Ber-SNI akan Untungkan Masyarakat

Berita Otomotif

Pelumas Ber-SNI akan Untungkan Masyarakat

BEKASI – Diwajibkannya pelumas untuk bersertifikat SNI diklaim Pemerintah akan menguntungkan masyarakat.

Hal ini karena masyarakat akan mendapatkan pelumas dengan kualitas yang lebih terjaga dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, pada akhirnya konsumen sendirilah yang akan diuntungkan dengan aturan tersebut.

“Jelas akan melindungi masyarakat dengan kualitas produk yang terjamin sesuai dengan standard. Standard ini kan juga mengikuti standard international,” ungkap Achmad Sigit Dwiwahjono , Direktur Jendral Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Ia pun menambahkan bahwa meski pelumas impor yang masuk ke Indonesia sudah memiliki standard di negara pembuatnya, untuk masuk ke Indonesia maka oli-oli tersebut tetap harus lulus sertifikat SNI. Hal ini untuk menjaga kualitas pelumas di Indonesia.

“Ini (sertifikat SNI) untuk menjamin masyarakat agar mendapat pelumas yang sesuai dengan standard kualitas di Indonesia,” tambahnya.

Pemerintah berencana untuk mewajibkan pelumas yang dijual di Indonesia agar memiliki sertifikasi SNI. Beberapa langkah untuk mewujudkan hal ini sudah dilakukan, termasuk dengan melaporkan kebijakan tersebut ke World Trade Organization (WTO).

Melihat keseriusan Pemerintah dalam melakukan pengetatan aturan ini, PT Shell Lubricants Indonesia pun berinisiatif untuk mendaftarkan diri agar mendapat sertifikasi SNI. PT Shell Lubricants Indonesia pun berhasil lulus uji dan berhak untuk melabeli pelumasnya dengan SNI.

Kebijakan kewajiban SNI ini saat ini masih belum rampung, namun diperkirakan akhir 2018 aturan tersebut sudah dapat digalakkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang