Pelat Nomor Kendaraan di Australia Akan Diperbolehkan Pakai Emoji

Berita Otomotif

Pelat Nomor Kendaraan di Australia Akan Diperbolehkan Pakai Emoji

BRISBANE – Pelat nomor kendaraan di Australia dalam waktu dekat bakal terlihat lebih kekinian dan menarik berkat diizinkannya penggunaan emoji.

Salah satu negara bagian di Australia, Queensland, bakal memperbolehkan warganya melakukan modifikasi pelat nomor dengan memasang emoji lucu. Para pemilik kendaraan bisa memesan dan membeli pelat itu di Personalised Plates Queensland (PPQ) dan institusi tersebut mengumumkannya di akun resmi Instagram mereka baru-baru ini.

Kebijakan unik tersebut mulai diterapkan bulan depan. Nantinya, ada lima emoji yang ditawarkan yaitu ‘laugh out loud’, ‘winking face’, ‘sunglasses emoji’, ‘heart eyes’ serta ‘smiling face’.

Adapun jumlah emoji yang diperbolehkan di pelat nomor kendaraan hanya satu di antaranya. Emoji juga harus bersifat dekoratif dan bukan bagian dari huruf serta nomor identifikasi.

Rebecca Michael, Juru Bicara Royal Automobile Club of Queensland (RACQ), mengatakan bahwa emoji dianggap sebagai cara para pengguna kendaraan mengekspresikan diri.

“Sebelum-sebelumnya kita sudah melihat bahwa Anda dapat menunjukkan dukungan terhadap klub atau kota favorit melalui symbol di pelat nomor. Menggunakan emoji tidak ada bedanya dengan itu,” tandas dia.

Publik maupun berbagai organisasi kemasyarakatan tak keberatan dengan kebijakan ini. Mereka sadar ini termasuk cara pemerintah mendapatkan sumber pendapatan baru.

“Jelas sekali pemerintah ingin memanfaatkan pelat nomor demi tujuan mendapatkan pemasukan lebih dan saya bisa mengerti keinginan tersebut,” nilai Bill Potts, Queensland Law Society President.

Pelat nomor modifikasi
Sejauh ini, kebijakan pemerintah Queensland menyangkut pelat nomor kendaraan termasuk yang paling menarik. Biasanya, cara negara mencari uang lebih lewat pelat nomor adalah dengan memberikan biaya lebih bagi rangkaian huruf atau nomor-nomor tertentu. Ini juga dilakukan di Indonesia.

Di Abu Dhabi, seorang miliuner bernama Saeed Abdul Ghafour Khouri rela merogoh kocek hingga 14,3 juta dollar AS (Rp 200,46 miliar) demi bisa mendapatkan pelat nomor bertuliskan ‘1’ dalam sebuah lelang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar