Pelabuhan Kendaraan di Indonesia Menuju Lima Besar Dunia

Berita Otomotif

Pelabuhan Kendaraan di Indonesia Menuju Lima Besar Dunia

JAKARTA – PT Indonesia Kendaraan Terminal terus berbenah dan melakukan beragam inovasi untuk menjadi salah satu pelabuhan kendaraan terbaik dunia.

Meski tahun lalu jumlah ekspor kendaraan roda empat Indonesia cenderung menurun, namun ekspor tahun ini dan tahun-tahun berikutnya diharapkan dapat berkembang. Untuk itu, PT Indonesia Kendaraan Terminal,  salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II yang bergerak di bidang bongkar muat barang dari dan ke kapal meliputi cargodoring, perusahaan bongkar muat dari dan ke kapal, penerimaan dan pengiriman serta stevedoring melakukan beragam inovasi.

Salah satu inovasi yang paling gencar dilakukan adalah dengan menambah luas lahan. Pada tahun 2007, saat IKT baru berdiri, luas lahan yang dimiliki hanya 7 hektar dan hanya mampu memnampung sebanyak 168.000 kendaraan per tahun. Tahun 2010 lahan diperluas hingga mencapai 12 hektar sehingga kapasitas meningkat menjadi 288.000 unit per tahun. Luas lahan ini kemudian kembali ditingkatkan menjadi 13,5 hektar dan kapasitas meningkat menjadi 312.000 unit per tahun.

Perluasan yang sudah dilakukan ternyata belum rampung. Pasalnya, PT IKT berencana untuk menambah luas lahan dan kembali meningkatkan jumlah kapasitas yang dimiliki.

“Hingga tahun 2022 nanti, kami berencana untuk memperluas lahan dan meningkatkan kapasitas. Rencananya, pada tahun tersebut kami bisa menampung 2,5 juta unit kendaraan per tahun. Dengan ini maka PT IKT akan menjadi terminal kendaraan terbesar kelima di dunia,” ungkap Armen Amir, Direktur Utama PT IKT.

Ia pun menambahkan bahwa peningkatan kapasitas tersebut sudah sesuai dengan perkiraan kebutuhan ekspor impor dan domestic kendaraan pada tahun tersebut. Sehingga diharapkan industri otomotif Indonesia semakin maju.

“Jadi dari total kapasitas 2,5 juta unit per tahun, 500.000 di antaranya mungkin untuk domestik, sisanya adalah untuk ekspor-impor. Dalam menyusun rencana kita itu, saya konfirmasi ke manufaktur. Jadi jumlah ini sudah terkonfirmasi kebutuhannya,” pungkas Armen.

Saat ini, PT IKT telah memiliki beragam klien dari manufaktur mobil di Indonesia. Namun hingga saat ini, Toyota masih masih menjadi klien terbesar di PT IKT. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual