Patenkan Nama S-Presso, Suzuki Segera Jual Pesaing Raize di Indonesia?

Berita Otomotif

Patenkan Nama S-Presso, Suzuki Segera Jual Pesaing Raize di Indonesia?

JAKARTA – Suzuki ketahuan mematenkan nama S-Presso di Indonesia pada awal 2021. Bisa jadi, ini merupakan sinyal peluncuran dari kompetitor Toyota Raize tersebut.

Suzuki Motor Corporation mendaftarkan nama ‘S-Presso’ ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resminya pada Senin (9/8/2021), permohonan itu mereka ajukan pada Maret 2021.

Permohonan dengan nomor DID2021020609 tersebut berstatus ‘Selesai Masa Pengumuman’.

Penggunaan nama S-Presso merupakan hak Suzuki di Indonesia mulai 25 Maret 2021.

Dalam keterangan situs, S-Presso merupakan penamaan untuk mobil maupun komponen-komponennya.

Suzuki sendiri diketahui memiliki dan menjual SUV kompak dengan nama tersebut di India dan beberapa negara lain.

SUV kompak Suzuki S-Presso

Ketika ditanyakan apakah ini proses untuk merilis S-Presso tahun ini?,Eksekutif agen pemegang merek Suzuki di Indonesia belum mau berkomentar banyak.

“Untuk hal tersebut kami belum bisa informasikan secara detail. Maaf, ya,” kata Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra melalui pesan singkat.

Segmen SUV kompak lima penumpang murah berbanderol sekira Rp100-200 jutaan, makin ramai di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja, Kia Sonet, Nissan Magnite, dan yang terakhir duo Toyota Raize-Daihatsu Rocky.

Isu rencana peluncuran S-Presso di Indonesia sendiri sudah berhembus sejak awal 2020. Konon, SUV ringkas ini ingin dilepas ke pasar pada akhir 2020 atau selambat-lambat pada 2021. Tentu saja, eksekutif Suzuki di Indonesia kala itu tidak bersedia mengonfirmasi kabar tersebut.

SUV kompak Suzuki S-Presso

Dari sisi dimensi, S-Presso memilik panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.565 mm. Melihat ukurannya, S-Presso juga masih dekat dengan dimensi sebuah city car.

Sebagai perbandingan, dimensi panjang, lebar, serta tinggi city car Suzuki Karimun Wagon R saja adalah 3.635 mm, 1.475 mm, dan 1.670 mm.

Mobil yang menjalani debut globalnya di India—pasar andalan Suzuki—pada 2019 ini menyandang mesin bensin tiga silinder dengan kapasitas 998 cc. Untuk transmisi, terdapat opsi manual lima percepatan atau Auto Gear Shift (AGS) lima percepatan. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar