Pasar Otomotif Mulai Membaik, Penjualan Daihatsu Kembali Meningkat

Berita Otomotif

Pasar Otomotif Mulai Membaik, Penjualan Daihatsu Kembali Meningkat

JAKARTA – Sepanjang November 2020, PT Astra Daihatsu Motor berhasil membukukan penjualan sebanyak  9.200 unit.

Jumlah ini lebih tinggi 13% bila dibandingkan dengan penjualan di bulan Oktober lalu yang hanya berhasil membukukan 8.135 unit penjualan. Dengan jumlah ini maka sepanjang 2020, PT ADM berhasil menjual sebanyak 90.823 unit

Selama bulan November 2020, Sigra menjadi mobil yang paling laris dibandingkan dengan model-model kendaraan lain. Tercatat, Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 2.321 unit atau meningkat 30% dibandingkan bulan lalu disusul oleh Terios dengan perolehan 1.298 (29%) dan Gran Max MB 1.006 unit (27%).

Peningkatan tersebut dinilai oleh PT ADM sebagai sebuah sinyal positif terhadap pemulihan pasar otomotif di Indonesia setelah terserang pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Terlebih, otomotif merupakan salah satu industri yang terpukul karena pandemi.

“Kami berharap, tren peningkatan dan kondisi ini dapat terus kondusif, sehingga pasar otomotif yang menjadi salah satu industri penting penggerak perekonomian di Indonesia dapat bergairah kembali,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Daihatsu Xenia

Raihan tersebut pun tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan apa yang diraih oleh PT ADM sepanjang tahun 2020. Daihatsu Sigra menjadi tulang punggung penjualan dengan perolehan 24.021 unit, atau menyumbang kontribusi sebesar 26%, diikuti oleh Gran Max Pick-Up 21.699 unit (24%), dan Terios 13.189 unit (15%).

Sementara itu sepanjang 2020, Daihatsu Xenia harus harus duduk di posisi keenam karena penjualannya kalah banyak bila dibandingkan dengan Daihatsu Ayla dan Gran Max Minibus. Tercatat, Daihatsu Xenia hanya terjual sebanyak 8.608 unit atau menyumbang 9% dari total penjualan Daihatsu.

Jumlah tersebut terbilang rendah karena Daihatsu Ayla berhasil terjual sebanyak 11.587 unit atau berkontribusi sebesar 13%. Demikian pula Daihatsu Gran Max yang terjual sebanyak 9.087 unit dan menyumbang sebenyak 10% dari total penjualan.

Sepanjang 2020, Daihatsu Xenia hanya dapat unggul dari Daihatsu Luxio dan Sirion. Kedua mobil tersebut hanya berhasil terjual sebanyak 2.632 unit atau hanya menyumbang 3% dari total penjualan Daihatsu di 2020. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar