Para Produsen Mobil Jerman Tertarik Nokia HERE

Berita Otomotif

Para Produsen Mobil Jerman Tertarik Nokia HERE

JAKARTA - Era mobil berteknologi autopilot diprediksi akan segera dimulai. Pabrikan-pabrikan pun berlomba mengembangkannya.

Salah satu hal yang vital dalam teknologi tersebut adalah ketersediaan peta akurat. Di sini, Nokia bermain. 

Nokia memiliki layanan peta digital yang diberi nama Nokia HERE. Para produsen Jerman tertarik untuk menggunakannya.

Sebuah konsorsium yang berisi Daimler (induk Mercedes-Benz), BMW, Volkswagen dan Audi dikabarkan sudah terbentuk untuk bekerja sama dengan Nokia.

Nilai kesepakatannya yang diperkirakan akan selesai dibicarakan pada akhir Juli 2015, menurut sumber Reuters antara 2,5 sampai 3 miliar euro atau sekitar Rp 36-43,8 triliun.

Tapi, kesepakatan akhir dari kerja sama ini bergantung pada barisan paten mobil self-driving dan jaringan seluler. Bila sesuai, langkah selanjutnya bisa diterapkan.

Kesepakatan pembelian Nokia HERE senilai 2-4 miliar euro juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas data peta. 

Ada beberapa hal yang serius dibicarakan antara Nokia dan para produsen Jerman. Peta digital memang berguna untuk membuat mobil berteknologi autopilot mencari jalur dan menghindari lalulintas padat, tapi kebutuhan itu cenderung membutuhkan data real-time. Di sini, infrastruktur telekomunikasi yang kuat diperlukan.

Bila masalah ini bisa ditemukan solusinya, kesepakatan akan bisa cepat dicapai. Salah satu masalah lain yang dibicarakan adalah keinginan konsorsium produsen mobil untuk mendapatkan paten yang relevan terkait pemetaan digital, tapi Nokia berusaha mempertahankannya.

Keseriusan para produsen memang dianggap wajar. Sebab mobil berteknologi autopilot memang diperkirakan akan segera hadir di pasaran dekade mendatang. Di masa depan, mobil berteknologi autopilot diperkirakan akan menjadi standar. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter   



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support