Donald Trump Undang CEO Pabrikan Jerman ke Gedung Putih

Berita Otomotif

Donald Trump Undang CEO Pabrikan Jerman ke Gedung Putih

BERLIN – Donald Trump dikabarkan akan mengundang para Chief Executive Officer (CEO) pabrikan otomotif Jerman ke Gedung Putih pekan depan. Pertemuan ini diharapkan memberikan jalan keluar soal kebijakan bea masuk mobil impor di antara Uni Eropa dan Amerika Serikat. 

Beberapa sumber dari industri otomotif maupun pemerintahan, Trump dikabarkan ingin mengundang petinggi-petinggi pabrikan otomotif ‘Negeri Bavaria’ ke kantornya di Washington. Pertemuan kemungkinan berlangsung pada pekan depan.

Saat ini, agenda pertemuan sedang disusun. Kendati begitu, sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya tidak bisa memastikan apakah Trump akhirnya benar-benar bertemu langsung dengan orang-orang nomor satu di jagad otomotif Jerman atau tidak.

Di sisi lain, pelaku industri otomotif Jerman belum menerima undangan formal dari pemerintahan AS. Meski begitu, mereka disebutkan akan memenuhi keinginan pemerintah AS dan bertamu ke Washington.

Ketika diminta konfirmasi, merek-merek otomotif Jerman menolak memberikan tanggapan.

Trump saat ini sedang disorot karena keinginannya memberlakukan bea masuk mobil impor 25 persen. Saat ini, taipan properti ‘Negeri Paman Sam’ tersebut masih menunggu laporan investigasi mengenai dampak penerapan bea masuk 25 persen terhadap keamanan nasional, sebelum memberlakukannya.

Kebijakan ekstrem ini nantinya membuat biaya yang mesti ditanggung merek-merek otomotif membengkak, tak hanya bagi kendaraan yang diimpor, tapi juga yang dirakit di AS. National Automobile Dealers Association mengestimasikan penambahan bea masuk dapat menambah beban biaya sebanyak 2.270 dollar AS (Rp 33,02 juta) bagi mobil-mobil rakitan lokal dan 6.875 dollar AS (Rp 100,02 juta) untuk kendaraan-kendaraan impor.

Uni Eropa sempat bernegosiasi dengan Trump. Pertemuan keduanya berlangsung lancar sejauh ini sehingga Trump diyakini bakal bersikap lebih lunak ke Benua Biru.

Uni Eropa sekarang memberlakukan bea masuk 10 persen bagi mobil-mobil impor yang masuk ke sana, termasuk dari AS. Sementara itu, AS masih menerapkan bea masuk 2,5 persen.

Lebih lanjut, salah satu sumber menyatakan niat Trump bertemu para CEO pabrikan otomotif Jerman sebenarnya membuat mereka agak bingung. Pasalnya, hak negosiasi kebijakan perdagangan ada di tangan Uni Eropa dan mereka menyadari hal itu.

Namun, pemimpin-pemimpin pabrikan Jerman tidak mau melewatkan begitu saja kesempatan berdialog dengan Trump.

“Yang penting adalah kami menemukan solusi,” ujar sumber tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar