Pantau Arus Mudik, Pemerintah Buka Posko Khusus

Berita Otomotif

Pantau Arus Mudik, Pemerintah Buka Posko Khusus

JAKARTA - Menghadapi arus mudik yang akan terjadi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membentuk posko di seluruh Indonesia.

Posko-posko tersehbut bertugas untuk melakukan pemantauan dan melakukan tindakan darurat atas kerusakan jalan dan jembatan pada ruas jalan yang biasa dilalui pemudik. Pelaksanaan piket di posko ini mulai H-30 hingga H+10 yang berlangsung selama 24 jam. 

Kementerian PUPR telah memetakan potensi titik-titik kemacetan, daerah rawan longsor dan banjir, sehingga ditempatkan alat perawaran rutin seperti dump truck, bacho loader, tandem roller, grader, backhoe, maupun excavator. 

Di ruas jalan pantai Utara sejak Karawang hingga Cirebon, didirikan posko 24 jam dengan dukungan peralatan rutin di titik belakang gerbang Tol Cikampek, Pamanukan, Sewo, Lohbener, Karangampel, Jatibarang, Palimanan, dan Cirebon.

Sedangkan di Jawa Tengah didirikan 23 Posko yang tersebar di berbagai ruas-ruas jalan di lintas Utara, lintas Tengah, lintas Selatan serta koridor yang menghubungkan akses Selatan-Tengah-Utara. Posko-posko itu tersebar di akses jalan utama dan alternatif di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan kepulauan Timur.

Karo Velix Wanggai,  Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR menjelaskan tim Kementerian PUPR di Jakarta aktif memastikan berbagai BUMN, operator jalan tol dan pihak swasta untuk mempercepat penyelesaian berbagai sarana kelengkapan di jalan Tol Cipali, termasuk percepatan akses lewat Toll Pejagan-Pemalang yang difungsikan dengan konstruksi lapis Agregat B.

“Dengan skala waktu di pertengahan tahun ini, berbagai proyek fisik di berbagai ruas jalan nasional dan daerah sedang ditangani. Jelang H-14 pekerjaan fisik di lapangan diharapkan selesai maupun dihentikan sementara dengan pemasangan tanda peringatan di segmen jalan tertentu,” tutup Velix. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support