Jaguar E-Type Listrik, Mobil Pangeran Harry dan Meghan di Royal Wedding

Berita Otomotif

Jaguar E-Type Listrik, Mobil Pangeran Harry dan Meghan di Royal Wedding

WINDSOR – Jaguar E-Type yang dimodifikasi menjadi mobil listrik muncul di Royal wedding saat digunakan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle di penghujung seremoni pernikahan mereka.

Pangeran Harry baru saja mengakhiri masa lajangnya pada akhir pekan lalu dengan menikahi selebriti Amerika Serikat Meghan Markle. Keduanya pun resmi menjadi Duke and Duchess of Sussex.

Pernikahan mereka sendiri seakan memadukan antara tradisi Inggris dengan nilai-nilai modern. Salah satu perbincangan mengenai itu adalah hadirnya Uskup Michael Curry asal Amerika Serikat yang berkulit hitam.

Kombinasi nuansa tradisional Inggris dengan modernitas tak berhenti sampai di situ. Di akhir acara, Carscoops memberitakan bahwa Pangeran Harry serta Meghan meninggalkan Kapel St. George dengan menaiki Jaguar E-Type.

Namun, sedan sport klasik itu tidak menyandang mesin konvensional karena Jaguar Land Rover (JLR) sudah mempermaknya menjadi mobil listrik murni. Pabrikan otomotif terbesar Inggris ini mengeluarkan mesin pembakaran dalam dari mobil produksi 1968 itu, kemudian menggantinya dengan sistem penggerak bertenaga listrik.

JLR memasangkan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh di bawah kap mesin E-Type. Baterai ini dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 225 hp.

E-Type listrik berwarna biru muda itu sendiri sudah diubah dari jauh-jauh hari oleh JLR, tepatnya pada tahun lalu. JLR menamakannya sebagai E-Type Concept Zero.

“Concept Zero mengombinasikan pengalaman dinamis E-Type yang sudah kesohor dengan peningkatan performa melalui elektrifikasi. Kombinasi unik ini menciptakan sensasi berkendara mendebarkan,” kata Director of JLR Classic Tim Hannig pada 2017.

Uniknya, E-Type Concept Zero adalah mobil bersetir kiri, tidak seperti mobil-mobil produksi massal di Inggris yang bersetir kanan. Ini karena JLR memang menciptakannya sebagai prototipe bersetir kiri yang hanya terdiri dari satu unit dan sejauh ini tidak berencana membawanya ke jalur produksi massal.

JLR sendiri saat ini sudah memiiki mobil listrik produksi massal bernama i-Pace. Sport utility vehicle (SUV) nihil emisi tersebut bakal dipamerkan di Indonesia pada akhir tahun ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar