Pandemik Covid-19, Daihatsu : Pasar Sepi Stok Melimpah

Berita Otomotif

Pandemik Covid-19, Daihatsu : Pasar Sepi Stok Melimpah

JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bahwa kondisi bisnis di Indonesia saat ini jauh dari kata ideal.

Hal ini dikarenakan pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menjadikan masyarakat tidak memikirkan untuk membeli ataupun merawat kendaraan. Kondisi ini berdampak pada banyaknya stok kendaraan mereka saat ini, termasuk Daihatsu Ayla yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

“Sepi. Hampir semua bisnis sepi karena prioritas orang sekarang adalah kesehatan. Stok kendaraan juga melimpah karena demand sangat turun,” terang Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communications Director PT ADM.

Kondisi tersebut memang cukup disayangkan karena saat ini merupakan saat yang tepat untuk mengejar penjualan. Pasalnya, sebentar lagi telah memasuki bulan puasa dan mendekati musim mudik yang biasanya membuat masyarakat berusaha untuk mendapatkan kendaraan baru.

Namun pandemik Covid-19 di Indonesia memang cukup mengkhawatirkan. Untuk itu Pemerintah pun telah memberlakukan gerakan Work From Home yang membuat sejumlah masyarakat lebih memilih untuk tetap di rumah dibandingkan pergi.

Mendukung langkah tersebut, PT ADM juga telah mengurangi jumlah produksi diseluruh pabrik mereka di Indonesia guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, penurunan produksi bisa menurun lebih 50% dibandingkan saat kondisi normal

“Kapasitas produksi pabrik di Sunter mencapai 330 ribu per tahun, kemudian Karawang mencapai 200 ribu ter tahun. Semua bekerja selama dua shitt. Nah sekarang, pabrik hanya bekerja satu shift dan hanya sampai pukul 15.00, padahal biasanya hingga 16.30, Jadi kami perkirakan penurunannya lebih dari 50%,” tandasnya.

Hingga kini masih belum ada kepastikan sampai kapan Daihatsu akan melakukan efisiensi ini. Namun diharapkan pandemik dapat segera berakhir dan perekonomian kembali berjalan seperti biasa. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar