Penjualan Mobil Daihatsu hingga September 2021 Naik Signifikan

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Daihatsu hingga September 2021 Naik Signifikan

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat terjadi peningkatan penjualan mobil hingga September 2021, baik retail sales (penjualan dari diler ke konsumen) maupun wholesales (penjualan dari pabrik ke diler).

Pada sisi retail sales, Daihatsu meraih capaian sebesar 103.788 unit para periode Januari-September 2021. Angka tersebut naik sebesar 41,2% dibandingkan periode yang sama 2020.

Peningkatan juga terjadi pada sisi wholesales Daihatsu sebanyak 116.048 unit, naik sebesar 67,7% dibandingkan tahun lalu

Sementara itu secara bulanan, penjualan mobil Daihatsu juga mengalami kenaikan daripada bulan sebelumnya. Pada September 2021, retail sales Daihatsu mencapai 14.187 unit, naik sebesar 16,3% dibandingkan Agustus.

Setidaknya ada tiga penopang utama penjualan retail Daihatsu selama bulan kesembilan tahun ini. Ketiganya adalah, Sigra yang berhasil terjual 3.984 unit atau berkontribusi 28,1% dari total penjualan Daihatsu, disusul Gran Max PU 3.889 unit (27,4%), dan Ayla 2.064 unit (14,5%).

Penjualan Daihatsu

“Penjualan Daihatsu hingga September 2021 mencapai raihan yang baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan perpanjangan program relaksasi pajak hingga akhir tahun 2021 untuk menggairahkan sektor industri otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Penjualan Mobil Secara Nasional

Penjualan mobil secara nasional memang terbilang membaik. Sepanjang periode Januari – September 2021, total volume market nasional mengalami peningkatan. 

Penjualan mobil nasional secara retail mencapai sekitar 600 ribu unit, dan wholesales sebanyak 627 ribu unit.

Mulai membaiknya industri otomotif ini diharapkan bisa terus berlangsung. Terlebih sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan roda empat Tanah Air mulai meluncurkan model baru. 

Daihatsu misalnya, menghadirkan Rocky untuk menjadi salah satu tulang punggung penjualan.

Walau belum masuk ke dalam tiga besar model terlaris, Daihatsu Rocky telah terbukti memiliki keunggulan tersendiri. Sejak diluncurkan, angka retail sales Daihatsu Rocky mencapai 3.458 unit atau menyumbang 3,3% dari total penjualan Daihatsu tahun ini.

Angka tersebut berpotensi terus meningkat hingga akhir tahun, karena Daihatsu Rocky merupakan salah satu mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM dari Pemerintah. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar