Pertarungan Pilpres Belum Berefek Negatif ke Pasar Mobil

Berita Otomotif

Pertarungan Pilpres Belum Berefek Negatif ke Pasar Mobil

TANGERANG – Kontestasti politik untuk Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 makin ramai sejak dua kandidat presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto mengumumkan calon wakil presiden masing-masing. Namun, pemain di industri otomotif sampai detik ini belum merasa perlu mengoreksi target penjualan mobil 2018.

Jokowi, kandidat petahana, serta Prabowo sama-sama memublikasikan pasangan calon wakil presiden masing-masing pada 9 Agustus lalu. Jokowi memilih Ma’ruf Amin, sementara Prabowo meminang Sandiaga Uno. Meskipun masa kampanye baru dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019, ‘panasnya’ persaingan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Prabowo-Sandi sudah ramai di berbagai media massa nasional apalagi media sosial.

Di tengah perkembangan ini, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merasa pasar mobil nasional belum terganggu. Target penjualan mobil pada 2018 pun belum direvisi.

“Saya belum melihat target itu harus diubah karena selama ini masih aman-aman saja dan permintaan enggak terganggu,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam seremoni penutupan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, akhir pekan kemarin di Serpong, Tangerang.

Menurut Nangoi, kestabilan ekonomi, politik, dan keamanan amat penting bagi memicu pertumbuhan pasar. Ia menilai kondisi politik serta keamanan masih  dalam level aman saat ini walaupun ia mengakui kompetisi antara Jokowi-Ma’ruf Amin serta Prabowo-Sandi makin ramai. Situasi ekonomi pun menunjukkan perbaikan.

“Saat ini ekonomi juga membaik. Sektor pertambangan juga cukup bagus. Ini semua terbukti dari pertumbuhan yang terjadi di segmen kendaraan komersial,” papar Nangoi.

Sebagai informasi, tahun ini Gaikindo menargetkan transaksi jual-beli sebanyak 1,1 juta unit. Volume tersebut naik sedikit saja dari capaian 2017 sebanyak 1.079.534 unit.

Adapun torehan penjualan pada semester satu 2018, menurut data wholesales Gaikindo, adalah 553.757 unit, tumbuh tipis dibandingkan periode yang sama tahun lalu sejumlah 533.506 unit. Segmen kendaraan niaga menjadi pendorong pertumbuhan tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar