Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pakai FWD, Ini Kelebihan Teknis Xpander Terbaru Menurut Klaim Mitsubishi

Berita Otomotif

Pakai FWD, Ini Kelebihan Teknis Xpander Terbaru Menurut Klaim Mitsubishi

JAKARTA -  Masih berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD), Mitsubishi Xpander terbaru diberi berbagai ‘modal’ tambahan untuk melibas beragam jenis jalan di Indonesia.

Xpander terkini, yang meluncur di Tanah Air pada 8 November 2021 bersama Xpander Cross minor change, diklaim Chief Expert Mitsubishi Motors Corporation Hiroshi Masuoka mampu melibas berbagai kondisi jalan.

Gundukan tinggi, permukaan jalan sangat tidak rata, hingga tanjakan curam berhasil dilaluinya, berdasarkan hasil pengetesan internal yang diunggah ke akun YouTube resmi Mitsubishi Indonesia sehari setelah seremoni peluncuran.

Lima rintangan berhasil dilalui Xpander termutakhir dengan lancar. Pertama melewati gundukan setinggi satu meter.

“Xpander terbaru menawarkan approach angle cukup di bawah bemper depan, ground clearance (220 mm--Red) di bawah bodi mobil, dan departure angle di bawah bemper belakang,” papar Masuoka mengenai alasannya dalam video.

Rintangan kedua bernama cambering mengetes respons Xpander ketika satu bannya berada dalam kondisi mengambang. Tiga ban tersisa masih mampu melaju lurus tanpa masalah.

“Bahkan dengan satu ban mengambang dari tanah, Anda dapat melihat kekakuan tinggi struktur bodi Xpander baru. Bahkan tiga rodanya dapat mencengkeram permukaan pada permukaan jalan sangat tidak stabil,” jelas salah satu legenda Reli Paris-Dakar ini.

“Struktur bodi kokoh itu menawarkan stabilitas garis lurus lebih baik dan handling dalam kecepatan,” lanjutnya.

Pada rintangan mogul driving, multi purpose vehicle (MPV) berdesain amat mirip sport utility vehicle (SUV) ini melaju di atas permukaan jalan yang amat tidak rata.

Bodinya tidak terlalu limbung ke kanan dan ke kiri antara lain karena suspension stroke yang panjang.

“Xpander baru juga memiliki diameter shock absorber belakang lebih besar. Jadi, bila Anda membawa banyak muatan atau pun seluruh keluarga, mobil ini memberi kenyamanan berkendara,” papar  Masuoka soal penyebab lainnya.

Rintangan keempat mensimulasikan kemampuan Xpander ketika satu bannya terjebak di gundukan atau lumpur dalam yang dapat menyebabkan selip. Mobil terlihat tetap bisa lolos.

“Mobil ini menggunakan sebuah sistem pengendalian traksi yang secara elektronis menghentikan selip ketika Anda menginjak pedal gas,”

Terakhir ialah melibas tanjakan dengan sudut kemiringan 30 derajat.

Tujuannya tak lain ialah menguji tenaga mesin 1.5-liter, transmisi baru berjenis otomatis CVT, pun sistem FWD yang sering dianggap inferior ketimbang penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Tampak Xpander teranyar bisa menanjak dengan lancar.

“CVT baru ini menggunakan kecepatan mesin paling efisien dan jarak torsi sehingga kekuatan mesin dapat disalurkan ke permukaan jalan bahkan pada tanjakan dengan kemiringan curam seperti ini,” terang Masuoka. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang